Pen Eyeliner Wardah atau Make Up For Ever, Mana yang Lebih Bagus?

Eyeliner yang bagus menurut saya: warnanya pigmented dan nggak mudah smudge. Kira-kira di antara kedua brand ini, mana yang lebih awet dan tahan banting.

Tahun lalu saya sudah menemukan eyeliner andalan saya, yaitu Wardah Stay All Day Liquid Liner. Suka banget sama eyeliner ini karena awet banget dipakai seharian dan nggak gampang smudge. Namun, tetap saja yang namanya manusia masih ada rasa kurang puas, hihihi… Saya mulai berpikir ulang tentang produk ini karena kurang praktis dan nggak mudah digunakan kalau saya mau menggunakannya di dalam mobil (Tenang…saya tidak memakainya saat sedang mengemudi, tapi saat duduk manis di dalam taksi).

Wardah dan Make Up For Ever-7

Nah, eyeliner yang cocok untuk on the go, tentu saja berbentuk pen atau spidol. Jadilah bulan lalu saya hunting dua liquid liner dalam kemasan spidol. Dan yang saya temukan adalah Wardah EyeXpert optium hi-black liner dan Make Up For Ever Graphic Liner. Sengaja dipilih dari dua brand berbeda dengan dua harga yang berbeda pula, supaya bisa tahu apakah benar produk yang mahal lebih bagus dibandingkan yang lebih murah :).

Wardah dan Make Up For Ever-5

Wardah EyeXpert optium hi-black liner 

Design dan warna kemasan produk ini berwarna silver, sehingga produk terkesan  high-end. Seperti yang saya bilang di atas tadi, kalau eyeliner yang bagus adalah eyeliner yang pigmented dan smudge proof. Wardah EyeXpert optium hi-black ini sudah memenuhi satu kriterianya yaitu pigmented. Sekali pulas saja warna yang dihasilkan sangat optimal, jadi menggunakan eyeliner juga lebih cepat dan mudah. Sayangnya, eyeliner ini mudah smudge kalau kamu memiliki kelopak mata yang berminyak. Tapi kalau diaplikasikan di atas eyemakeup, eyeliner ini jauh lebih awet. Harga produk ini: Rp 65.000,-

Make Up For Ever Graphic Liner

As always, kemasan dari Make Up For Ever selalu terlihat professional dan simpel. Karena ukurannya yang kecil produk ini nggak memakan banyak tempat di dalam makeup pouch. Harga produk ini: Rp 350.000,-. Eyeliner ini cukup pigmented, sekali pulas warnanya juga sudah terlihat. Tapi terkadang saya membutuhkan dua lapis untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Sayangnya eyeliner ini sangat mudah smudge baik di kelopak mata yang berminyak atau normal. Terkadang eyeliner ini juga suka luntur ke bagian under eye :(.

Untuk warna, bila dibandingkan secara langsung, Wardah EyeXpert optium hi-black terlihat lebih pigmented dibandingkan Make Up For Ever Graphic Liner. Dan based on percobaan saya,  Make Up For Ever Graphic Liner ini lebih mudah pudar bila digosok atau saat saya tak sengaja mengusap mata.

Hmm, berdasarkan pertimbangan di atas, maka untuk produk pen eyeliner, kali ini saya lebih memilih Wardah EyeXpert optium hi-black, karena harganya lebih terjangkau dan ternyata juga lebih awet saat dipakai.