Memilih Dark Chocolate yang Bagus untuk Kesehatan

Dark chocolate yang kamu beli sudah tepat atau belum? Salah-salah malah enggak sehat lho. Inilah syarat dark chocolate yang bagus.

Sudah baca pilihan snack sehat rekomendasi Affi? Dark chocolate disebut sebagai salah satu snack sehat yang yang bagus bagi tubuh. Enggak hanya menyehatkan tekanan darah, kandungan antioksidannya juga bagus banget. Sebagai antioksidan, dark chocolate mengandung polyphenols, flavanols dan catechins yang tinggi. Dan bisa menjadi sumber antioksidan yang baik, selain buah dan sayur tentunya.

Baca juga: Manfaat Antioksidan untuk Kulit

snack-sehat4

If you notice, banyak dark chocolate di pasaran dijual dengan mencantumkan persentase kandungan chocolate solid di kemasannya. Ini ada artinya, lho. Sebuah cokelat baru bisa dibilang dark chocolate jika mengandung chocolate solid minimal 70%. Maka kamu patut waspada kalau melihat dark chocolate tanpa tertera keterangan persenan kandungan cokelatnya. Banyak sekali cokelat seperti ini, yang kalau kamu baca daftar komposisinya dengan teliti, bisa jadi chocolate solid-nya cuma 30%. Kadang harga juga bisa jadi patokan kualitas cokelat yang kamu beli. Kalau terlalu murah, ya bisa jadi hanya campuran gula, mentega dan susu cokelat saja.

Baca juga: Makanan Pemicu Jerawat yang Harus diwaspadai.

Walaupun sehat, dark chocolate yang bagus untuk kesehatan juga tetap harus dikonsumsi dengan moderation. Banyak sugar free dark chocolate, namun lebih banyak lagi yang masih mengandung gula di urutan pertama komposisinya. Saya pribadi sih suka-suka aja sama rasa pure dark chocolate. Namun pihak produsen mungkin masih menyisipkan gula untuk mengompensasi rasa pahit agar masih bisa ditolerir di lidah. Setidaknya, pilih yang jumlah gramnya serendah mungkin ya.