banner-detik

face wash cleanser

3 Kebiasaan Salah Saat Membersihkan Wajah

seo-img-article

Banyak di antara kita yang ternyata masih sering melakukan 3 kebiasaan salah saat membersihkan wajah. Padahal aksi ini bisa memicu munculnya jerawat maupun kerutan di wajah.

Saya yakin kita semua di sini sudah rutin membersihkan wajah dari makeup maupun sisa kotoran debu yang menempel. Dalam sehari, minimal kita membersihkan wajah sebanyak 2 kali, kan. Pertama, sebelum ber-makeup di pagi hari dan kedua sebelum tidur di malam hari. Tapi ternyata, masih banyak juga di antara kita yang secara nggak sengaja melakukan 3 kebiasaan ini saat menghapus makeup atau debu kotoran yang menempel di wajah. Apa sajakah itu?

eye-makeup-remover

1. Tidak mencuci tangan sebelum membersihkan wajah

Nah, masih banyak nih di antara kita yang menganggap tidak perlu mencuci tangan sebelum membersihkan wajah, karena beranggapan toh nanti juga pakai makeup remover atau pakai cleansing oil. Padahal, jika kamu nggak cuci tangan sebelum memegang wajah, semua kotoran maupun kuman yang ada di tangan, ya akan pindah semua ke wajah, dong! Hiii…Aksi ini bisa berisiko memicu munculnya jerawat di kemudian hari. Jadi ingat ya, wash your hands before touching your face!

2. Menggosok area mata dengan keras

Hentikan segera aksi ini saat kamu membersihkan area mata. Mengapa? Kulit di seputar mata itu lebih tipis dibanding area wajah lainnya, maka aksi membersihkan dengan menggosok terlalu keras, bisa berisiko memicu kerutan di area mata. Mulai sekarang saat membersihkan area mata lakukan hal ini: ambil kapas, beri pembersih khusus untuk area mata, lalu tekan dan kompreskan sejenak pada area mata. Cara ini juga memudahkan kita mengangkat makeup atau debu kotoran yang ada di seputar area mata kok! Kemudian, bersihkan eyeliner dengan memakai cotton bud.

3. Menarik kapas pembersih ke arah bawah

Nah, aksi ini juga masih sering nih dilakukan! Menarik kapas pembersih wajah ke arah bawah. Ingat ya, saat membersihkan wajah, kita wajib “melawan” hukum gravitasi (bahwa setiap benda akan mengalami gaya tarik bumi). Maka, gerakkan kapas pembersih ke arah atas agar kulit wajah tidak tertarik ke bawah dan jadi kendur!

Pertama, bersihkan area dahi, gerakkan kapas pembersih ke atas, up, up mengarah ke kepala. Kemudian, bersihkan area pipi, gerakkan kapas pembersih ke atas juga. Begitu pula dengan area dagu, gerakkan ke atas, mengarah ke bibir. Jangan lupa bersihkan juga area seputar leher, gerakkan kapas ke atas, mengarah ke dagu. Untuk membersihkan setiap bagian wajah, akan lebih baik lagi bila kamu mengganti kapas yang digunakan.

Selamat mencoba!

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment