Single Ingredient Oil Series: Jojoba Oil Sebagai Pengganti Pelembap

Kali ini saya akan membagi pengalaman memakai Jojoba Oil untuk merawat kulit wajah. Face oil yang satu ini, ternyata juga banyak manfaatnya. Klik!  

 

Courtesy of http://carasgentleaging.club

Jika mencari pelembap dalam bentuk minyak, mungkin Jojoba oil bisa menjadi pilihan yang pas. Selain bisa dipakai sendiri, jojoba oil bisa dicampur dengan pelembap atau produk lain yang kalian pakai untuk menambah kelembapan dan sebagai tambahan jojoba oil biasanya tidak memiliki bau yang kuat.

Tekstur jojoba oil sangat ringan dan mirip dengan minyak yang diproduksi oleh kulit kita sehingga kulit dengan mudahnya menyerap minyak tersebut dan tidak terasa greasy jika dipakai. Selain itu jojoba oil juga telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan kulit dalam proses penyempuhan pada saat ada kerusakan dan meningkatkan ketahanan kulit.

Sebagai tambahan, jojoba oil juga ditemukan dapat menstimulasi pertumbuhan kolagen.

Maybe jojoba oil can’t work on its own, but it would be a nice addition to boost your other oil and moisturiser.

Selain itu, saya pribadi sangat suka menggunakan jojoba oil untuk membersihkan makeup mata dan bibir yang susah sekali dibersihkan. Seperti misalnya matte liquid lipstick yang saking smudge-proof-nya sampai susah dibersihkan.

Biasanya saya akan menggunakan 1-2 tetes di masing-masing area bibir dan mata dan kemudian memijatnya dalam gerakan memutar sampai semua makeup luntur. Kemudian saya akan membersihkan minyak tersebut dengan handuk kecil yang basah sebelum saya membersihkan keseluruhan wajah saya.

Jojoba oil juga bisa digunakan sebagai pembersih makeup wajah secara keseluruhan. Akan tetapi karena harganya lebih mahal ketimbang minyak kelapa, saya lebih memilih menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan makeup wajah.

Saya juga pernah mencoba minyak ini untuk dipakai di area sekitar mata. Hasilnya area tersebut yang biasanya kering jadi terlihat lebih lembap. Tapi biasanya saya akan menggunakannya di malam hari jadi tidak mengganggu makeup mata. Selain itu minyak tersebut juga dapat digunakan sebagai serum bulu mata untuk menguatkan bulu-bulu mata yang halus dan membuatnya terlihat lebih glossy.

Produk Jojoba Oil yang Patut Dicoba

jojoba oil

Jojoba Oil dari The Organic Supply Co (Rp250.000,- untuk 100ml) adalah pilihan yang tepat jika ingin menggunakannya sebagai pembersih. Selain mudah dibeli di Indonesia karena merek ini adalah merek asal negeri sendiri, harganya pun tidak terlalu mahal karena dijual dalam botol 100ml. Sayangnya saya belum pernah mencoba produk ini jadi tidak bisa banyak komentar mengenai tekstur dan tidak ada ulasan mengenai produk ini yang bisa dijadikan acuan.

Produk lainnya yang saya rekomendasikan adalah MV Organic Skincare Pure Jojoba (AUD42 untuk 35ml) jika ingin menggunakannya di wajah sebagai booster untuk pelembap atau sebagai pelembap karena teksturnya lebih ringan.

Kalau yang ini adalah jojoba oil yang pertama kali saya coba. Saya banyak belajar mengenai kegunaan jojoba oil karena mencari-cari informasi mengenai produk ini. Minyaknya tidak memiliki bau yang kencang, bahkan tidak ada bau apapun yang mencolok. Saya suka menggunakannya sebagai pengganti pelembap atau untuk menambah hidrasi dengan menggunakannya setelah pelembap saya.

Kalau sedang tidak ingin menggunakannya secara terpisah saya akan mencampurkan dua tetes minyak ini ke pelembap atau oil lain yang saya gunakan. Hasilnya produk-produk yang saya gunakan jadi lebih lembap tapi tidak mempengaruhi tekstur terlalu banyak.

Minyak ini juga enak sekali digunakan di area bawah mata ketika saya merasa bawah mata saya sangat kering. Pernah juga sih saya gunakan untuk menghapus maskara yang benar-benar susah dihilangkan dan ampuh banget.

Bagaimana dengan kalian, apakah sudah pernah mencoba menggunakan jojoba oil?