Marie Purvis, Nike Trainer: Olahraga Bikin Kamu Selalu Berpikir Positif

Ngobrol 5 menit saja dengan perempuan satu ini, membuat semangat hidup sehat kembali “berkobar” di dalam diri saya. Yuk, kenalan lebih jauh dengan Marie Purvis, Nike Global Master Trainer.

Beberapa waktu lalu, NTC Live hadir kembali “menggoyang” Jakarta. Ya, untuk kedua kalinya, Nike kembali menginspirasi wanita Jakarta melalui penyelenggaraan Nike Training Club (NTC) Live, yang memberi kesempatan kepada lebih dari 900 wanita muda untuk merayakan kemenangan mereka secara pribadi dan juga dalam bidang olahraga, serta terus memotivasi dan mendorong mereka untuk mencoba berbagai tantangan baru dan menjadi lebih baik, #BetterForIt.

N

Nah, sehari sebelum acara ini digelar, saya berkesempatan ngobrol langsung dengan Marie Purvis, Nike Global Master Trainer. Perempuan bertubuh bugar dan kencang inilah yang ikut “melahirkan” apps workout NTC. Selama lebih dari 7 tahun, Marie Purvis telah membantu Nike untuk memahami keinginan kita, para perempuan dalam mengolah tubuh. Kini, lewat apps Nike+ Training Club (NTC), kita bisa berlatih olahraga sendiri, tanpa perlu bantuan dari trainer untuk membuat tubuh jadi lebih langsing, lebih bugar, lebih kuat. Ya, Marie Purvis adalah salah satu “otak” yang menciptakan NTC.

Saat bertemu langsung dengan Marie, saya pun terpana melihat penampilannya yang tampak muda dari usianya. Padahal Marie Purvis ini kelahiran 24 September 1961 atau di tahun ini akan menginjak usia 55! Saya yakin, penampilan muda, sehat, berenergik itu semua adalah berkat rajin berolahraga.

Marie-Purvis-Nike-Master-Trainer Apa nih program latihan NTC yang jadi favoritmu?  

Saya sangat senang melatih bagian core (batang tubuh): perut, pinggul dan punggung. Kita, perempuan umumnya sering mengalami sakit punggung, sakit perut setelah berjalan jauh atau membawa banyak beban. Padahal bila kamu rutin melatih core, maka tubuh jadi lebih kuat, tidak mudah kesakitan. Gerakan-gerakan yang jadi favorit saya adalah sit-up dan climbing drill. Gerakan ini sangat bagus dilatih agar otot perut dan punggung jadi kuat, sehingga misalnya pada saat mau menstruasi, area tubuh tersebut jadi nggak sakit.

Baju-baju olahraga kesukaanmu?

Saya suka dengan baju-baju olahraga Nike dengan warna-warna black, white or grey. Tapi sebagai aksen, saya akan memakai sports bra warna menyala, misal orange, ungu atau shocking pink. Ini untuk memberi pop of colour saja. Pada umumnya, saya lebih menyukai baju-baju workout berpotongan simple agar memudahkan setiap gerakan.

Punya saran untuk kita, para perempuan yang baru mau mulai berolahraga?

Kamu bisa mulai dengan mencari aktivitas yang disuka. Aktivitas yang bisa membuatmu lebih banyak bergerak dan menyenangkan: hiking, dancing, atau bersepeda. Nah, kamu juga perlu cari motivasi yang bisa mendorongmu untuk rutin berolahraga. Saya sering menemukan banyak orang mendaftar ikut acara lari agar termotivasi untu bergerak. Nah, coba juga cari teman yang asyik, yang juga suka beraktivitas seperti kamu. Jika kegiatan olahraga itu juga menjadi acara gaul, ajang bertemu teman, maka kamu akan jadi lebih termotivasi!

mariepurvis-1

Manfaat olahraga yang kamu rasakan hingga saat ini?

Rutin berolahraga membuat mood atau emosi saya selalu bagus. Berolahraga membuat saya jadi paham, aktivitas mana yang harus saya prioritaskan, membuat saya selalu bisa mengambil keputusan dengan baik. Dan berolahraga itu juga membuat saya jadi kuat untuk menghadapi setiap tantangan. Maka, saya selalu melihat suatu problem itu dari sisi positif, selalu optimis yakin bisa menghadapinya. Itu karena, saya selalu punya tenaga untuk mengerjakan setiap tantangan yang diberikan. Jika kamu rutin berolahraga, maka akan membuat penampilanmu juga jadi lebih bagus, sehingga rasa percaya diri pun akan lebih tinggi. When you look good, you will feel confidence in everything!

Apa olahraga rutinmu?

Setiap hari saya selalu berlatih lari, dan juga melakukan olahraga permainan, seperti volleyball. Bila ada waktu luang, saya juga senang bersepeda. Selain itu, saya juga rutin melakukan high intensity training. I get bored easily so I constantly have to change my training routine.

Bagaimana sebaiknya pola makan yang wajib dipraktikkan sebelum, selama dan sesudah berolahraga?

30 menit sebelum berolahraga, agar punya cukup energi untuk bergerak, makanlah sepotong pisang yang diberi olesan peanut butter sebanyak 1 sendok makan. Selama berolahraga, jangan lupa untuk minum air putih. You can drink tons of water. Setelah berolahraga selesai, 15 menit kemudian, kamu boleh meneguk segelas chocolate milk tanpa gula atau liquid protein. Ingat ya, selalu mulai harimu dengan sarapan pagi. Jangan pernah skip a meal di siang maupun malam hari. Karena tubuh yang kelaparan, malah membuat kamu jadi lebih rakus. Kunci utama agar tubuh tetap langsing, jangan makan berlebihan, tapi jangan pula diet terlalu ketat! Moderation is the key. Saya juga sering kok cheating dalam hal makanan. Setelah berolahraga super keras, biasanya di malam hari saya juga makan pizza dan minum wine, sebanyak 2 – 3 kali per minggu, lho! Hahahaa….