Mengatasi Rambut Kusut dan Kaku Setelah Disasak

Rambut digulung, disasak lalu mendapat semprotan hair spray memang bikin rambut mengembang. Tapi usai disasak maka rambut jadi kusut dan kaku, keesokan harinya. Ini cara mudah mengatasinya.  

Sebenarnya alasan saya masuk ke dalam golongan “ibu-ibu bersasak” saat hendak menghadiri acara pesta atau formal, karena rambut saya yang super halus dan lepek. Yes, jika ingin mengembang lebih lama, maka rambut saya nggak mempan bila hanya di-blow dry biasa. Dalam hitungan menit, rambut sudah “turun” padahal acara pesta yang mesti saya hadiri belum juga dimulai. :(

Tapi bila rambut saya ditata dengan cara digulung pakai rol, lalu disasak,  plus ditambah pemakaian produk-produk hair styling yang bisa membuat rambut mengembang, misal pakai hair foam, plus terakhir disemprot hair spray, lumayan sih rambut bertahan mengembang sepanjang acara. Problema baru muncul keesokan harinya, rambut saya jadi super duper kusut, kaku dan saat hendak disisir, kulit kepala malah ikut ketarik! Rasanya seperti dijambak-jambak, wadaaauuuw…

rambut-kusutimage source: express.co.uk 

Tapi sekarang saya punya cara jitu menghilangkan sasakan tanpa bikin kulit kepala sakit seperti dijambak. Ini step-nya:

  1. Setelah acara usai, jangan tidur dengan rambut yang masih disasak karena itu akan membuat rambut sasakan yang kusut itu semakin menempel dengan kulit kepala, dan makin sakit saat disisir.
  2. Begitu sampai di rumah, lepas semua jepit atau hiasan rambut yang dipakai. Lalu segera taburkan bedak bayi pada rambut yang disasak. Kemudian sikat rambut perlahan-lahan dengan brush besar dengan sikat yang halus. Butiran bedak bayi yang lembut bisa membantu “meluruhkan” produk-produk hair styling yang dipakai. Jika kamu sering menata rambut dengan sasakan, jangan lupa selalu simpan bedak bayi di meja rias.
  3. Esok paginya sebelum mandi, saya aplikasikan minyak kelapa (coconut oil) atau olive oil pada batang rambut. Usapkan pada batang rambut. Minyak membantu menghaluskan kembali batang rambut yang kusut. Cukup gunakan jari-jari tangan untuk menyisir rambutmu agar batang rambut tidak patah. Diamkan selama 20 menit.
  4. Keramas dengan shampoo andalanmu hingga bersih. Biasanya, bila habis disasak, saya akan mengulang keramas hingga 2 kali. Ini supaya residu produk-produk hair styling benar-benar hilang, tidak menempel di rambut. Setelah membilas shampoo,  jangan lupa pakai conditioner, usapkan pada batang rambut.

Voila! Rambut pun kembali halus…