Cara Mudah Memilih Pengiring Pengantin

Sebagai pengantin, kamu pasti ingin dikelilingi oleh orang-orang terdekat yang begitu berarti bagi kamu. Melewati hari terpenting dalam hidup bukanlah hal yang mudah.

Menjalani semua proses persiapan pernikahan tidak jarang dapat membuat kamu sebagai calon pengantin merasa putus asa. Selain menggunakan jasa vendor-vendor pernikahan profesional terkadang kamu juga membutuhkan dukungan mental dari para sahabat. Siapa lagi yang paling mengerti kamu, dengan beragam saran dan bantuan yang mungkin saja dapat membuat masalah Anda selesai dalam seketika.

Dengan didampingi oleh para sahabat terdekat, maka semuanya akan terasa lebih mudah. Maka dari itu, sebaiknya pikirkan dengan matang sebelum memilih siapa saja yang akan mendampingi kamu di hari pernikahan. Berikut ini beberapa tip mudah untuk menentukan para pengiring yang tepat.

  1. Tak Harus Selalu Wanita

Walaupun kebanyakan teman pendamping atau bridesmaid yang dipilih adalah wanita, namun bukan berarti kamu tidak boleh menjadikan para sahabat pria untuk memegang salah satu peranan penting di pesta pernikahan kamu. Kini, tidak sedikit pengantin yang memiliki pendamping dengan gender berbeda untuk menemaninya. Apalagi jika kamu termasuk pribadi yang mudah untuk berteman. Karena bagaimanapun, kenyamanan Anda untuk dikelilingi oleh orang-orang yang berartilah yang harus diutamakan.

14585354_l

  1. Jangan Takut untuk Berkompromi

Tidak ada peraturan yang mengharuskan kamu dan pasangan untuk memiliki bridesmaid dan groomsman dalam jumlah yang sama. Memang, untuk pesta yang lebih formal jumlah bridemaid dan groomsman biasanya seimbang. Hal ini dikarenakan ada prosesi grand entrance yang biasanya diiringi oleh pengiring pengantin yang berpasangan.

Namun, jika kamu meniadakan prosesi ini di pesta kamu, maka tidak masalah jika groomsman miliknya lebih sedikit daripada bridesmaid yang akan mendampingi kamu. Tidak perlu memaksa pasangan untuk menambah jumlah sahabat jika memang merekalah teman terbaik yang ada. Begitu juga dengan jumlah sahabat yang kamu pilih. Semuanya kembali lagi dengan kenyaman kamu dan pasangan.

Biasanya mulai dari dua hingga sepuluh orang. Namun, tidak sedikit juga pengantin yang memiliki pengiring lebih dari itu. Sah-sah saja jika memang kamu menjalin pertemanan yang begitu erat dengan semuanya. Pastikan saja kamu sudah mengitung semua biaya yang harus dipersiapkan khususnya untuk busana para bridesmaid dan groomsmen.

Ada dua jenis kontribusi yang bisa dibicarakan di sini. Apakah para bridesmaid dan groomsmen akan membiayai busana mereka sendiri-sendiri, atau kamu sebagai pengantin yang akan menanggungnya. Jika budget kamu berlebih, Anda bisa menyediakan busana sesuai dengan tema yang Anda inginkan.

Jika budget kamu terbatas, jasa sewa akan menjadi solusi praktis. Untuk pernikahan bergaya tradisional, biasanya pengantin yang ingin para bridesmaidnya mengenakan kebaya, akan membelikan bahan dengan warna senada, dan para sahabat akan menjadikannya sebagai seragam dengan biaya masing-masing.

  1. Tidak Perlu Balas Budi

Ingat, sahabat yang akan mendampingi kamu harusnya orang yang benar-benar peduli dan memiliki kedekatan yang berarti. Hanya karena kamu pernah dijadikan sebagai bridesmaid oleh seorang teman, bukan berarti Anda harus menjadikannya bridesmaid di hari pernikahan kamu juga. Kini saatnya kamu untuk menilai mana teman yang hanya sekedar teman, dan mana teman yang merupakan sahabat.

Kehidupan sosial sangatlah wajar jika mengalami pasang dan surut. Dengan kesibukan masing-masing yang lumayan menyita waktu, mungkin saja kamu tidak sering bertemu dengan beberapa teman yang pernah dekat di masa lalu. Pesta pernikahan bukanlah undangan makan malam yang memiliki peraturan untuk saling membalas. Tak perlu meminta teman kuliah yang sudah tak pernah bertegur sapa selama 2 tahun hanya karena dulu ia pernah menjadikan kamu sebagai bridesmaid-nya.

  1. Segera Tanyakan Kesediaan Para Sahabat dan Jangan Berasumsi

Jangan mengurungkan niat untuk mengajak seorang teman menjadi bridesmaid hanya karena kamu berpikir ia tidak memiliki waktu. Setiap sahabat yang baik pasti ingin berbagi kebahagiaan dengan kamu. Bagaimana pun, ini adalah saat terpenting di dalam hidup kamu. Mereka pasti akan berusaha meluangkan waktunya agar bisa mendampingi kamu di pesta pernikahan. Tidak ada salahnya untuk menanyakan kesediaannya terlebih dahulu.

Kamu bisa merancang kartu atau surel menarik, untuk menanyakan perihal ketersediaan mereka untuk menjadi pengiring pengantin. Pada kartu atau surel yang sama, beritahukan juga mengenai jadwal serta tanggal-tanggal penting yang harus mereka hadiri, agar para sahabat bisa mengatur waktu dan mengambil cuti kantor jika diperlukan.

Asumsi lain yang mungkin kamu buat sendiri adalah, mungkin bridesmaid yang kamu pilih memiliki kesulitan keuangan dan tak dapat mengeluarkan uang lebih untuk membuat seragam bridesmaid yang kamu inginkan. Berkompromilah dengan teman kamu, selalu akan ada jalan keluar untuk membantunya.