4 Pilihan Snack Sehat untuk Tubuh Langsing dan Bugar

Mulai sekarang arahkan keinginanmu untuk ngemil dengan menyantap snack sehat. Inilah rekomendasi saya untuk camilan sehat demi menjaga tubuh tetap langsing dan bugar! 

Kalau kamu suka baca artikel atau datang ke seminar tentang pola makan sehat, biasanya para ahli gizi menyarankan pola makan kita adalah sebagai berikut:

– Sarapan

– Snack

– Makan siang

– Snack

– Makan malam

Kenapa di tiap waktu makan selalu diselingi snack? Karena gula darah kita akan turun 3-5 jam setelah kita makan dan mengonsumsi snack yang sehat membuat metabolisme kita tetap berjalan cepat dan juga membantu menormalkan kembali gula darah.

Banyak ahli gizi yang menyarankan kita untuk makan 5 kali sehari dengan porsi kecil. Pola makan seperti ini membuat kita jadi terhindar dari rasa kelaparan berlebih di sela-sela jam makan, yang biasanya membuat kita makan dengan kalap setelahnya. Terlebih lagi, kalau kita terlalu sering membuat tubuh kelaparan, artinya kita meletakkan tubuh dalam posisi “famine mode” yang malahan membuat tubuh menyimpan lemak lebih banyak sebagai cadangan.

Nah tapi giliran ditanya snack yang sehat itu seperti apa, kita seringnya mendapat jawaban yang boring, seperti buah-buahan dan susu rendah lemak. I don’t drink milk. Saya termasuk orang yang tidak terlalu percaya pada kandungan nutrisi dari susu yang selama ini digembar-gemborkan. Kalau buah, saya suka dan setuju bahwa ini adalah snack yang baik untuk tubuh kita, asal kita juga pilih buah yang tidak mengandung gula terlalu tinggi. Tapi namanya manusia, kita pasti butuh variasi. Bukan cuma variasi rasa tapi juga tekstur. Saya memang sudah jarang ngemil berbagai chips seperti keripik kentang atau keripik jagung (walaupun sesekali masih makan kerupuk hahaha), tapi tidak bisa dipungkiri, kadang saya butuh snack yang gurih dan renyah tapi juga tetap sehat. Other times, I simply want something cold, creamy and sweet which resembles ice cream.

Berdasarkan rasa tidak puas ini, saya kumpulkan beberapa snack yang bukan cuma sehat, tapi rasanya enak, memuaskan dan nggak membosankan. Saya selalu berusaha membawa 1-2 snack ini di tas sehingga bisa saya makan di mana saja saat lapar mulai datang. I hope you’ll enjoy them as much as I have!

snack-sehat

What:

East Bali Cashews Sea Salt Cashew Nuts

Why:

Kacang mede mengandung lemak paling sedikit dibandingkan kacang lainnya dan 82% dari lemak tersebut adalah asam lemak tidak jenuh yang merupakan monounsaturated fats, sama dengan yang ada di minyak zaitun. Kacang mede juga memiliki kadar antioksidan tinggi selain berbagai mineral dan vitamin seperti copper dan magnesium. It tastes great, too!

Cerita di balik East Bali Cashews sendiri akan membuat hati kamu hangat. Mereka membeli kacang mede langsung dari para petani di Bali dan memproses kacang-kacang tersebut bekerja sama dengan masyarakat di Desa Ban, Bali Timur, yang sebelumnya merupakan salah satu area termiskin di Bali. Perusahaan ini berhasil menciptakan 200 lapangan kerja yang sangat dibutuhkan di desa ini dan mayoritas karyawannya adalah perempuan.

Where to buy:

Hero supermarket, Foodhall, Kemchicks, Total Buah, All Fresh, Ranch Market. Mereka juga tersedia dalam varian lain seperti Sesame & Ginger, Garlic Pepper, Chocolate yang semuanya enak banget!

 

snack-sehat4

What:

Kakoa Dark Chocolate

Why:

Kalau sedang ingin makan coklat, saya akan pilih dark chocolate minimal 70% yang gulanya lebih sedikit. Dark chocolate dianggap sebagai makanan dengan kandungan antioksidan sangat tinggi, karena mengandung polyphenol dan flavanol. Dark chocolate juga kaya akan serat, magnesium, zat besi dan berbagai mineral lainnya. Jadi makanan yang dipercaya baik untuk kesehatan jantung ini juga pantas banget disebut snack sehat. Menurut saya Kakoa Dark Chocolate ini rasa coklatnya cukup kuat dan tekstur yang creamy di mulut. Tidak seperti coklat buatan lokal kebanyakan yang rasanya seperti mentega dikasih coklat. Seperti East Bali Cashews, Kakoa Chocolate juga mempunya misi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang menjadi supplier mereka. Kakoa membeli coklat dari para petani Indonesia dengan harga premium dan memberikan berbagai pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produksi mereka.

Where to buy:

Ranch Market, Grand Lucky, Kemchicks, Aeon, Healthy Choice, Buka Lapak.

snack-sehat2

What:

TrimEats Avonut Chia Pudding

Why:

Okay, mungkin ini lebih tepat disebut heavy snack karena sangat mengenyangkan dan bisa dimakan saat sarapan juga. Avonut Chia Pudding ini hanya terdiri dari 4 ingredients: chia seeds, coconut milk, buah alpukat dan susu dari kacang (kemungkinan almond atau kacang mede). Kamu mungkin sudah kenyang (pun intended) mendengar betapa baiknya buah alpukat untuk kesehatan kita: mempunyai kandungan lemak baik yang tinggi, mengandung serat, rendah gula, asam folat, potasium dan lain-lain. Chia seeds, yang banyak ditemukan di Amerika Selatan dan dikatakan sebagai salah satu bahan makanan utama yang penting untuk kaum Aztec dan Maya di jaman dahulu kala, sedang naik daun beberapa tahun ini. Kaya akan omega-3, serat, protein, asam lemak, antioksidan dan rendah karbohidrat, tidak heran biji ini digemari jutaan health fanatics di seluruh dunia karena dianggap sebagai salah satu makanan paling bergizi. Oh I almost forgot to tell you, this pudding is delicious. Almost too delicious to be healthy!

Where to buy:

Rejuve outlets, TrimEats website, Kemchicks Kemang, Sana Studio, AllFresh, GoFood.

snack-sehat3

What:

Mylk Inc Almond Milk Matcha

Why:

Untuk pilihan snack sehat, saya lebih suka minum susu almond yang dingin daripada susu sapi. Dari semua almond milk yang pernah saya coba, saya paling suka dengan rasa Mylk Inc ini. Semua flavor sudah saya coba (kecuali Thai Tea) dan semuanya enak kok. Almond milk memang menjadi alternatif susu karena lebih rendah kalori, tidak mengandung laktosa (banyak orang yang alergi / intolerant), kaya vitamin E, D dan rendah karbohidrat, walaupun tidak mengandung kalsium sebanyak susu sapi. Menurut saya sebagai snack sehat cukup mengenyangkan dan memberi rasa puas yang lama.

Where to buy:

Pondok Indah Mall 2, Lippo Mall Kemang Lower Ground, Delivery Order