Cerita Menarik Seputar Pabrik Avene Thermal Spring Water di Perancis

Selama ini saya mengira Avene Thermal Spring Water sekadar air yang ditambahkan bahan A,B,C bermanfaat untuk kulit. Tapi setelah berkunjung ke kantor pusat dan pabriknya di Perancis, saya menemukan banyak hal menarik dan makin yakin dengan kualitas produk skincare Avene.

Saya dan Affi Assegaf, Editorial & Community Director Female Daily, bersama beberapa dokter SpKK, di awal April kemarin diundang mengunjungi kantor pusat dan tempat produksi Avene Thermal Spring Water, yang terletak di Castres, dekat Toulouse, kota metropolitan terbesar di Perancis selatan.  Avene, sebenarnya hanyalah salah satu produk yang diproduksi Pierre Fabre Laboratories, merupakan salah satu perusahaan farmasi terbesar di Perancis.

Avene-thermal-spring-waterPierre Fabre Laboratories memproduksi beragam produk kesehatan mulai dari obat-obat dengan resep dokter, dermo-cosmetics hingga produk toiletries (mulai dari pasta gigi, sabun mandi hingga shampoo). Pierre Fabre Laboratories didirikan oleh Pierre Fabre, seorang chemical engineering dan juga pakar biologi yang terkenal. Beliau sudah meninggal tiga tahun lalu,  di usia lanjut 82 tahun.

Ketika saya menginjakkan kaki di halaman depan headquarters Pierre Fabre, spontan saya nyeletuk, “Wah, keren dan asri banget kantornya!” Ya, gedung yang desainnya tampak modern, minimalis dan dibalut dengan panel kaca reflector, berpadu harmonis dengan alam hijau nan asri. Di kantor pusat yang disebut juga sebagai Les Cauquillous  ini memiliki 400 karyawan berasal dari 10 kewarganegaraan dan membawahi 10 brand kelas dunia, salah satunya yaitu mulai dari Eau Thermale Avene.

pierre-fabreDengan melihat gedung kantor pusat ini, saya langsung bisa menyimpulkan Pierre Fabre adalah perusahaan farmasi yang bonafide, kredibel dan terpercaya. Kantor ini ternyata sangat nyaman bagi setiap karyawannya, luasnya sekitar 2 kali lapangan sepakbola! Gedung Les Cauquillous ini dirancang oleh arsitek kelas dunia Roger Taillibert. Dia lah yang merancang banyak bangunan ternama antara lain: Kompleks Olahraga International di Luxembourg, Parc des Princes di Paris, Olympic stadium di Montreal. Cauquillous sendiri berarti rumah keong atau siput. Dan bila dilihat dari atas, gedung ini memang berbentuk seperti rumah keong sekaligus juga merepresentasikan symbol Yin Yang. Gedung ini tampak terintegrasi dengan suasana alam hijau karena panel-panel kaca yang menutupi gedung merefleksikan pemandangan taman, hutan maupun bukit di sekelilingnya. Nature is everywhere, inspirasi ini juga yang menjadi “DNA” menjiwai seluruh aktivitas Pierre Fabre Laboratories.

les-cauquillous-avene

Suasana hijau, taman yang cantik juga mewarnai area ruang kerja. Setiap meja kerja di sini menghadap ke sebuah taman cantik terbuka yang ada di dalam kantor! Bayangkan, betapa segarnya mata saat bekerja di depan laptop, tetap bisa memandang aneka tanaman hijau. Suasana kerja yang sangat inspirasional ini, saya yakin memicu sejuta ide kreatif dan positif dari setiap staf Pierre Fabre Laboratories. Hmm, nggak heran, Pierre Fabre Laboratories ini telah menghasilkan beragam jenis produk berkualitas.

Setelah berkeliling kantor yang supernyaman dan keren, kami diajak menikmati makan siang di kantin karyawan. Sambil menikmati makan siang yang lezat, saya juga bisa puas memandangi alam cantik dari jendela kaca besar yang melingkupi ruangan makan karyawan ini. Satu hal yang juga nggak saya sia-siakan adalah minum air spring water Avene yang dikemas sebagai air minum botolan. Ya, air minum ini juga diambil dari sumber mata air yang sama untuk membuat Avene Thermal Spring Water. Ah segarnyaaa… meneguk segelas spring water Avene!

pierre-fabre-officeSetelah itu, keesokan harinya, saya diajak mengunjungi pabrik skincare dermocosmetic Avene. Pabrik yang didukung teknologi canggih ini tentu saja sangat menjaga higienitas dan juga keamanan. Maka, karena faktor keamanan pula, saat mengunjungi pabrik Avene, kami tidak diperbolehkan mengambil foto sedikitpun. Tapi tenang, saya tetap punya cerita menarik seputar pabrik yang cukup besar dan sangat menjaga sterilitas tingkat tinggi. Saya hanya bisa melihat seluruh aktivitas para pekerja pabrik Avene ini dari balik kaca tebal.

pabrik-avene-thermal-spring-waterAvene adalah skincare dermocosmetic. Istilah ini berarti, seluruh rangkaian skincare Avene diciptakan,  diproduksi dengan standart farmasi, seperti halnya membuat sebuah obat. Untuk membuat sebuah skincare, misalnya, para scientist Pierre Fabre umumnya memerlukan waktu riset selama minimal 5 tahun! Singkat cerita, berkeliling pabrik Avene skincare ini, seperti memasuki pabrik obat yang sangat bersih, steril dan ketat keamanannya. Para dokter SpKK yang ikut berkeliling pabrik Avene pun mengagumi proses produksi di sini. “Pabrik Avene ini sangat canggih serta memiliki proses quality control yang sangat baik,”cetus Dr. Syarief Hidayat, SpKK, FINSDV, FAADV, President of Indonesia Society of Dermatology and Venereology (Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin).

Tentu saja saya sangat tertarik melihat proses produksi Avene Thermal Spring Water. Air dari mata air Saint Odile Spring yang berada di bawah gunung diambil dengan mesin penyedot, lalu disalurkan langsung ke pabrik melalui pipa khusus. Jadi spring water itu sama sekali tidak pernah terkena sinar matahari maupun udara luar. Sebelum dimasukkan ke dalam kemasan kaleng, maka setiap hari bahkan setiap beberapa menit, spring water itu dicek dengan pharmaceuticals standard yang juga sudah mendapat FDA proof. Air yang tidak dipakai akan langsung dialirkan kembali ke sungai.

Avene-Thermal-Spring-Water-Hero-Shot1Avene Thermal Spring Water adalah air yang diambil dari dalam tanah, mengandung banyak zat berkhasiat, tidak mengandung pathogen serta secara fisik maupun susunan kimia tidak mengalami perubahan sama sekali, walau sudah dimasukkan dalam kemasan kaleng.

Jadi, saya melihat dengan mata kepala sendiri, bagaimana mesin-mesin robotik mengemas air murni dari Saint Odile Spring Water itu dimasukkan ke dalam kemasan kaleng. Di dalam kemasan kaleng itu, air tidak mendapat tambahan pengawet maupun bahan kimia lain. Tentang asal-usul air Avene serta khasiat hidrotherapy dengan spring water ini, Affi akan bercerita sendiri di artikel FD selanjutnya. So, stay tuned and keep reading FD ya…

Setelah kunjungan ke kantor pusat dan juga melihat proses produksi Avene Thermal Spring Water dan juga seluruh rangkaian skincare Avene, nggak ada lagi secuil keraguan pun di hati saya untuk mulai memakainya. Mulai hari itu hingga saat ini, saya rutin memakai Avene Thermal Spring Water setiap kali merasa kulit saya butuh hidrasi. Semprot! Let’s spray Avene Thermal Spring Water on your face! :D