Cara Mudah Eksfoliasi Bibir Supaya Pink Alami

Ada banyak sekali cara untuk eksfoliasi bibir, mulai dari menggunakan bahan-bahan yang bisa kamu racik sendiri sampai produk lip scrub yang tersedia di pasaran. 

Mungkin bagi sebagian orang, eksfoliasi bibir ini nggak penting-penting amat. At least nggak sepenting eksfoliasi kulit dengan melakukan double toning. Tapi tetap saja, menurut saya eksfoliasi bibir sekali-kali itu perlu, kok. Apalagi kalau lipstik favorit kamu adalah yang teksturnya matte. Tentu bibir harus dirawat lebih ekstra, dong.

Nggak susah kok, membuat bahan-bahan yang bisa digunakan untuk eksfoliasi bibir. Bikinnya juga sebentar banget, maksimal hanya 3 menit! :D

1. Vaseline Petroleum Jelly + sikat gigi berbulu halus

Ini resep eksfoliasi paling gampang yang bisa kamu lakukan. Sebenarnya nggak harus petroleum jelly sih, any kind of lip balms will do, selama formulanya benar-benar padat dan melembapkan. Untuk mengangkat kulit bibir yang pecah-pecah, kamu bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus dan gosok bibir perlahan ke arah samping. Setelah dieskfoliasi, jangan lupa untuk mengoleskan lagi lip balm di bibir supaya tetap lembap. Biasanya

Cara Mudah Eksfoliasi Bibir Supaya Pink Alami 2-side

2. Gula + madu atau coconut oil

Kalau yang ini, resep favorit saya. :) Caranya gampang banget, tinggal campur saja butiran gula ke madu atau coconut oil. Butiran gula yang tidak terlalu kasar bisa menjadi exfoliator lembut yang mengangkat kulit mati tanpa membuat bibir tergores. Jika memakai scrub gula, saya lebih suka menggunakan tangan saja dibandingkan sikat gigi untuk meminimalisir gesekan pada bibir.

Setelah diusap ke bibir, biasanya saya biarkan scrubnya menempel beberapa menit sebelum menghapusnya dengan waslap dan air hangat. Seperti yang saya bilang di atas, saya juga nggak rajin-rajin amat mengeksfoliasi bibir, dalam sebulan bisa dihitung pakai lima jari mungkin. Tapi bibir memang berasa banget bedanya setelah dieksfoliasi, benar-benar jadi terasa sehat dan plump.

3. Rekomendasi produk lip scrub

Kalau kamu bukan anak DIY dan nggak mau pusing, ada banyak kok produk lip scrub di luar sana yang bisa kamu coba. Salah satu cult-favorite yang juga dipakai oleh The Lipstick Mafiaaa adalah E.L.F Lip Exfoliator, yang harganya juga sangat affordable. Selain itu, ada juga lip scrub dari LUSH dan The Bath Box yang juga merupakan favorit para member FD. Untuk yang suka sedikit bau-bau kopi, bisa coba lip scrub dari Frank yang terbuat dari kopi robusta. Hype-nya juga menyaingi body scrub-nya, lho.

Rajin mengeksfoliasi bibir tentunya bisa mengurangi tampilan bibir pucat dan pecah-pecah. Meskipun nggak suka lipstikan, sekali-kali coba deh, eksfoliasi bibir. Jangan lupa sebelum tidur pakai lagi lip balm di bibir, kalau perlu sampai keluar-keluar garis seperti Joker, jadi besok paginya bangun dengan bibir pink alami yang super lembut. Totally worth to try!