Tips Berburu Jas Pengantin yang Bagus

Ada yang sebentar lagi menuju ke pelaminan bersama pasangan? Nah, tips pilah-pilih jas pengantin untuk pasanganmu ini, wajib dibaca!

Setiap pengantin pasti ingin semuanya terlihat serasi. Apalagi jika kamu sudah menemukan gaun pernikahan impian, kamu ingin tunangan kamu juga terlihat istimewa. Pasangan kamu mungkin tidak terlalu memusingkan hal ini, karena memang wajar bagi para pria yang biasanya kurang memperhatikan penampilan. Namun, ketika ini berhubungan dengan pesta pernikahan, kamu tentunya ingin dia juga tampil dengan lebih maksimal. Sebelum mengunjungi desainer, butik, atau penjahit yang dapat mewujudkan jas pengantin impian, intip dulu beberapa tip agar semua prosesnya berjalan lebih mudah.

  1. Luangkan Waktu yang Cukup

Mewujudkan jas pengantin yang serasi dengan gaun pernikahan, membutuhkan banyak waktu. Namun, bukan berarti kamu harus menunggu hingga mendapatkan jas yang tepat hingga saat-saat terakhir. Empat hingga tiga bulan menjelang pernikahan merupakan waktu yang paling pas untuk memulai prosesnya. Jika dimulai terlalu awal, mungkin saja ada perubahan postur atau berat badan yang tentunya akan mempengaruhi ukuran jas. Sebaliknya, jika terlalu mepet, maka hasilnya pun tidak akan maksimal dan terlalu beresiko. Pastikan pasangan kamu menyediakan waktu fitting, dan mungkin saja waktu untuk berubah pikiran pada jas yang telah dipilih. Jas yang akan dipakai setidaknya harus sudah siap dua minggu sebelum pernikahan, agar tidak ada lagi yang perlu dikhawatirkan.

38250286_l (1)

  1. Lakukan Riset

Jika tunangan kamu terlihat kurang antusias, pancinglah minatnya dengan mengajaknya untuk mencari inspirasi. Jika bingung untuk memulai prosesnya, maka kamu dapat menghubungkan tema pernikahan secara keseluruhan dengan jas yang akan dipilih. Jangan lupa untuk tentunya berkonsultasi dengan pasangan kamu tentang apa yang ingin ia kenakan. Tanyakan beberapa pertanyaan seperti model yang ia sukai dan bahan yang nyaman untuk ia kenakan. Setelah mengumpulkan banyak inspirasi, sekarang adalah waktunya untuk mencoba semua yang sesuai dengan gaya pribadinya. Tugaskan pasangan kamu untuk memilih referensi yang paling disukai. Bawa foto referensi tersebut ke perancang untuk mendapatkan gaya yang mendekati, namun disesuaikan dengan karakter dan kepribadiannya.

  1. Buat Budget

Buat anggaran biaya dengan cermat. Bijaksanalah dalam berhitung, karena masih banyak biaya pesta pernikahan lainnya yang harus dikeluarkan. Berapa pun budget yang telah ditentukan, kamu akan mendapatkan kualitas jas yang sesuai pula. Kualitas bahan pasti sesuai dengan harga yang ditawarkan, begitu juga dengan sentuhan akhir seperti kerapian jahitan.

  1. Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Selain hasil rancangan desainer papan atas, kamu mungkin melihat model jas trendy yang dikenakan oleh selebriti. Siapa pun pasti akan terpana dengan pesona para aktor dalam balutan jas keren saat melangkah di ajang red carpet pada saat malam penghargaan Oscar. Namun ingat, mereka merupakan selebriti yang memiliki pelatih pribadi untuk mewujudkan bentuh tubuh yang hampir sempurna.

Sesuaikan dengan postur dan berat badan tunangan kamu. Belum tentu tubuhnya yang kurus pantas mengenakan jas dengan model tertentu. Sebaliknya, jika pasangan kamu memiliki tubuh yang berisi maka diperlukan keahlian khusus dari sang desainer untuk menyempurnakan penampilannya. Ada banyak jenis dan model jas yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan bentuk tubuhnya, agar terlihat lebih maksimal. Tanyakan pada perancang yang kamu pilih, untuk memberi rekomendasi yang terbaik.

  1. Elemen Pelengkap

Jangan lupakan juga aksesori bagi pengantin pria yang tidak boleh dilewatkan. Jika pasangan kamu memilih jas berpotongan formal seperti tuxedo, maka elemen pelengkap seperti dasi kupu-kupu dan cuff link tidak boleh ketinggalan. Untuk mereka yang lebih menyukai desain modern, dasi berpotongan klasik yang tidak terlalu lebar akan menjadi pilihan yang tepat.

Konsultasikan dengan desainer pilihan kamu. Biasanya sebagai ahlinya, ia akan menyarankan bentuk dan warna yang tepat agar terlihat serasi saat berdampingan dengan Kamu. Begitu juga dengan boutonnieres yang kini sedang tren. Umumnya boutonnieres yang dikenakan oleh para pengantin pria merupakan bunga segar dengan jenis atau warna yang setema dengan buket bunga yang akan kamu pegang.

Jika pasangan kamu ingin tampil lebih unik, bisa juga mengenakan boutonnieres non-floral yang tidak kalah bagus. Mulai dari rangkain kancing, daun, ranting, ornamen playful seperti lego atau figuring kecil favoritnya bisa menjadi pilihan menarik yang sangat personal. Sebagai sentuhan akhir yang sempurna, pemilihan warna dan motif kaus kaki juga akan menjadi elemen pelengkap yang sayang untuk dilewatkan. Motif stripes, kotak-kotak, atau bahkan warna mencolok seperti neon atau stabilo cocok bagi pengantin yang memilih jas bergaya kasual, namun ingin tetap terlihat stylish. Serasikan juga dengan penampilan para groomsmen, agar saat berfoto bersama, tema yang ingin kamu wujudkan tercipta dengan sempurna. Pastikan pasangan kamu ikut dalam setiap prosesnya. Jangan sampai dia merasa kurang nyaman.