Dua Label Batik Indonesia Semakin Berjiwa Muda

Batik nggak selalu identik dengan gaya formal atau resmi. Kini, kamu punya banyak pilihan gaya busana berjiwa muda, playful dengan memakai batik. 

days1r

Sebenarnya bukan suatu hal yang sulit saat ini untuk menemukan busana batik dengan kemasan yang kekinian dan berjiwa muda. Cobalah bertandang ke event pameran wastra semacam Inacraft, ataupun ke sentra-sentra penjualan batik di banyak kota, para produsen dan pedagang batik semakin berusaha untuk menyesuaikan selera anak muda yang punya preferensi sendiri terhadap batik yang bisa digunakan sehari-hari. Desain modern (non konvensional), berwarna cerah dan permainan motif yang lebih tidak rumit, biasanya adalah identitas yang kerap dihadirkan pada koleksi busana batik “anak muda”.

Meski demikian, belum banyak label batik independen yang mampu berinovasi di lini batik modern dan muda ini. Busana batik harus berinovasi seperti fashion yang terus bergerak mengikuti tren dan menciptakan faktor kebaruan. Produsen harus mampu mengembangkan tema dan motif-motif batik baru, membuat kombinasi pattern dan warna yang segar,  sehingga inovasi ini harus dimulai sejak proses pembuatan batiknya.

Sebagai produsen batik, dua label batik mapan di Indonesia ini yaitu Alleira dan Danar Hadi bisa kita lihat terus berinovasi mengembangkan batik yang selalu memiliki faktor kebaruan, dari segi material, motif hingga desain. Yang menjadi tantangan sebuah brand besar adalah bagaimana bergerak atau bergeser dari image yang sudah melekat, beradaptasi dengan selera kekinian. Sejak beberapa tahun lalu, tentu saja baik Alleira maupun Danar Hadi sudah konsisten mempopulerkan batik yang modern, batik yang sangat wearable digunakan untuk setiap kesempatan, hingga batik yang sesuai untuk konsumen muda.

Alleira menampilkan koleksi baru di tahun 2016 ini dalam event Plaza Indonesia Fashion Week, yang digelar Maret lalu. Inovasinya terlihat pada motif batik yang terkesan sangat modern, walaupun mengambil inspirasi dari bentuk bunga, flora Indonesia yang selalu dijadikan tema utama motif batik pada umumnya. Permainan kontras dengan warna-warna monokrom, sangat mencolok yang menjadikan pattern koleksi kali ini sangat menonjol.

Selain itu, Alleira juga “meninggalkan” zona amannya yang biasanya selalu menampilkan siluet mini dress klasiknya. Dengan potongan-potongan busana yang longgar, menjadikan koleksi ini tampil sangat fresh.

alle1PI

allePI2allePI3

Sementara Danar Hadi membuat strategi baru untuk memenangkan pasar kaum muda, sekaligus mengedukasi anak-anak muda untuk semakin melirik batik untuk busana sehari-hari. Tidak cukup dengan lini Danar Hadi Sport yang memang dibuat untuk mereka yang bergaya muda dan sporty, kini meluncurkan label DAYS by Danar Hadi. Days merupakan lini busana basic sehari-hari, daily wear with a twist.

Days selalu mengangkat tradisi batik sebagai kekayaan Indonesia, dengan motif dan warna-warni yang bisa diolah, tanpa batas (karena yang disebut batik adalah tekniknya, bukan motif tertentu). Batik akan selalu menjadi bagian dari gaya hidup yang diangkat oleh label ini, sebagai sebuah statement, dan media ekspresi fashion anak muda yang tanpa batas.

Melihat koleksi Days, saya langsung merasakan energi muda yang besar pada label ini. Dengan warna-warna yang cerah, desain yang praktis dan styling yang quirky, rasanya Days akan langsung disukai oleh mereka yang selalu mendambakan kesegaran dalam fashion. Days pertama kali diperkenalkan di pameran tahunan Indonesia Fashion Week 2016, dan tersedia di semua gerai Danar Hadi batik.

days6 (Medium)

days4