Berbagai Jenis Eyeshadow & Yang Penting untuk Dimiliki

Nggak banyak orang yang memakai eyeshadow untuk makeup sehari-hari. Tapi, ada dua jenis finish eyeshadow yang menurut saya penting untuk dimiliki.

Bright colored eyeshadows used to be my go-tos. Berbagai warna dan jenis finish eyeshadow saya pakai,  walau cuma ke kampus doang. Malahan, peacock eyes sempat jadi trademark saya di mata teman-teman. Sekarang, di umur 24 jalan 25, gaya makeup mata saya jauh lebih muted tentunya. No more crazy colors, but pigmented, buttery eyeshadows still turn me on like no others!

Penting enggak sih, untuk punya banyak koleksi eyeshadow? Mungkin, ya, kalau kamu makeup artist atau memang addicted dengan makeup mata. Kalau enggak, tetap ada beberapa jenis eyeshadow yang menurut saya penting untuk dikoleksi, sekaligus investasi, untuk berbagai kesempatan. I learn that eyeshadows are great to give your look a little oomph, kalau kamu enggak terlalu suka bereksperimen dengan lipstik-lipstik warna bright atau vampy.

Eyeshadow Matte

Menurut saya, ini jenis eyeshadow yang penting banget untuk dimiliki setiap perempuan. Karakternya yang flatt menjadikannya appropriate untuk dipakai kerja maupun acara siang hari.  Punya eyeshadow matte dalam warna netral juga berguna sebagai multitasker lho. Warna coklat tua bisa dipakai sebagai eyeliner atau mengisi alis (this is actually my favorite method to fill my brows).

jenis-eyeshadow-yang-bagus-2

Foto: Vampy Varnish

Kalau kata MUA Lisa Eldridge, cari eyeshadow matte dengan kualitas yang bagus itu memang harus sedia keluar budget lebih, enggak seperti finish lain yang dengan harga lebih affordable, performanya sudah bagus. Eyeshadow matte dengan kualitas rendah biasanya terasa dry teksturnya, dan chalky.

MAC Eyeshadow yang finish-nya matte terkenal bagus dan banyak warnanya. Kalau untuk matte palette, LORAC PRO bagus banget kalau kamu punya budget lebih. Kalau saya sekarang lagi naksir the Balm Meet Matt(e) Trimony, nih (BRB ke lapak Mimo). Ada juga sih matte trio yang pernah saya coba dan kualitasnya lumayan. Malah bagus banget untuk ukuran budget eyeshadow zaman saya kuliah dulu, yaitu Wardah Eyeshadow Series G.

Physicians-Formula-Shimmer-Strips-Nude-Swatches1

 

Eyeshadow Shimmery

Shimmer eyeshadow adalah eyeshadow yang memiliki partikel mengilat yang cenderung halus. Very good to enhance and make the eyes pop. Selama bekerja di majalah fashion dulu, saya selalu mendapat advise dari MUA bahwa shimmer eyeshadow jangan pernah dipakai single use; harus dipadankan dengan warna matte.

Eyeshadow Metalik

jessica-alba-blue-green-eye-makeup-glitter-eyeliner-christmas-makeup-trend_2This is a bit optional, tapi menurut saya enggak ada salahnya punya satu-dua warna eyeshadow dengan finish metalik terutama dalam warna-warna yang sedikit tidak “aman”. Dipakai single use, it will create this pretty dimension as you move your head. Buat kamu yang pingin bermain dengan warna-warna terang tapi masih kurang PD, coba pakai eyeshadow metalik sebagai aksen di bottom lashline. Cara ini sering banget dipakai oleh artis-artis Hollywood.

Jenis eyeshadow dalam finish lain, seperti glitter dan sparkle, tampaknya appropriate untuk kesempatan-kesempatan yang tematik aja. Bagaimana dengan satin? I learn that a very fine shimmer eyeshadow could give this effect too.