Mengatasi Jerawat Punggung ala Tim FD

Dari Kendall Jenner sampai tim FD sendiri punya masalah jerawat di punggung. Bagaimana cara mengatasinya?

Waktu masih SMA, saya pernah berhadapan dengan soal tryout bahasa Inggris  yang dimulai dengan esai mengenai jerawat. Pada esai itu dijelaskan bahwa lebih dari 80% populasi orang di dunia pasti pernah mengalami masalah jerawat, in different degrees. Saat suatu hal lebih dialami oleh lebih banyak orang ketimbang yang tidak mengalami, maka hal itu disebut normal.

Jadi, kamu jangan minder ya kalau punya wajah acne prone (telling myself as well)! It’s super normal, sampai model macam Kendall Jenner saja punya history jerawat beruntusan satu muka dan juga berjerawat di punggung. Seperti janji saya bulan lalu, saya akan share hasil obrolan dengan Nadia, tim FD yang mukanya mulus lus lus, tapi punya masalah dengan jerawat punggung yang akhirnya berhasil dia kendalikan. Caranya? Dengan pergi ke dokter kulit.

mengatasi-masalah-jerawat-punggung-female-daily-1

Kata dokter penyebabnya apa, Nad?
Kalau aku, faktor genetik. Nggak bisa berkeringat terlalu lama, dan alergi dengan hal-hal tertentu. Misal: kaporit, air laut, seprei yang sudah kotor dan banyak debu.

Jadi sekarang sudah membaik ya?
Yes, karena pastinya juga seiring bertambah umur lebih memperhatikan kebersihan dan kesehatan seluruh tubuh.

Tahu nggak obat racikan dokter kemarin itu apa?

Nggak sih, tapi yang pasti ada kandungan sulfur. Kecium baunya ha ha ha!

Share dong, apa dos and don’ts dari dokter untuk megatasi masalah jerawat punggung?
Dos: Sering ganti baju, pakai sabun yang soap free saat mandi, dan scrub punggung dua kali/ minggu. Don’ts: Konsumsi coklat, keju, susu; menggunakan pengharum pakaian.