Bedak Tepung Maizena = Kulit Bebas Minyak

Susah cari bedak yang menyerap minyak? Bedak tepung maizena mungkin bisa kamu coba! Ini pengalaman saya memakai bahan dapur ini di wajah.

There was a time, saat saya commited untuk mengutamakan makeup dan perawatan kulit yang lebih natural. Jauh sebelum saya mencoba toner cuka apel dan melakukan Oil Cleansing Method (OCM) dengan coconut oil, saya lebih dulu mencoba alternatif bedak dari bahan dapur menggunakan tepung maizena atau cornstarch. Bukannya nggak modal, namun saya ini memang suka banget sih DIY-an, dan cornstarch powder ini sebenarnya juga sudah cukup populer di dunia “no poo” natural beauty untuk dipakai sebagai bedak.
bedak-tepung-maizena-jagung-kulit-berminyak-2Cara menggunakannya sih kayak pakai bedak biasa, cukup diusap ke wajah menggunakan kuas atau powder puff. Tekstur tepung maizena memang nggak sehalus bedak komersil. Mungkin karena nggak ada campuran silikon ya. Jadi, proses pengaplikasian “bedak jadi-jadian” ini memang agak tricky. Cara terbaik buat memakainya malah menurut saya pakai jari saja.

Seperti apa hasil dari bedak tepung maizena ini? Yang pertama, dia nggak menutup noda, ya. Tepung Maizena juga nggak terlalu menutup redness. Tapi, bedak ini akan membuat wajah terlihat lebih fresh, dan kelebihannya yang paling juara menurut saya adalah…super mattifying! Wah, saya aja sampai kaget lho sama kekuatan tepung maizena dalam menahan minyak.

bedak-tepung-maizena-jagung-kulit-berminyak-1aSaran saya, buat kamu yang masih ingin menutupi noda-noda ringan di wajah dengan loose powder atau two way cake biasa, kamu bisa finishing dengan tepung maizena ini untuk daerah wajah yang berminyak. Untuk mendapatkan efek matte ini, juga nggak perlu banyak-banyak tepungnya. Cukup ratakan sedikit saja.

Saking sukanya dengan efek menyerap minyak tepung maizena, cukup lama saya pakai DIY ini sebagai bedak sehari-hari. Lucunya, saat saya mencoba produk loose powder komersil yang mengandung cornstarch (seperti bedak Marcks), pasti malah nggak cocok di wajah. Biasanya karena tambahan fragrance-nya cukup banyak. Tapi nggak masalah, sih, karena pakai tepung maizena murni juga sudah ketahuan cocok dan jauuuh lebih murah :D

Bagi yang sudah nyobain bedak tepung maizena, share pengalaman kamu ya!