DIY: Body Scrub Kopi untuk Haluskan Kulit

Kopi, selain enak diminum juga bisa dimanfaatkan untuk mengangkat sel kulit mati di tubuh. Inilah resep bikin sendiri body scrub kopi untuk menghaluskan kulit.

Saya boleh dibilang termasuk pecinta kopi. Setiap hari, saya minimal ngopi sebanyak 2 cangkir. Aroma kopi yang wangi, harum dan menenangkan itu, adalah alasan salah satu alasan saya jadi penggemar kopi. Nah, ternyata berdasar googling sana-sini, ekstrak kopi ternyata dijadikan salah satu campuran di skincare.

Biji kopi ternyata punya banyak manfaat untuk kecantikan. Kopi kaya akan antioksidan yang bisa mencegah penuaan dini pada kulit. Bahkan beberapa riset juga telah membuktikan bahwa mengonsumsi kopi bisa menurunkan risiko terkena kanker kulit.

Nggak heran telah banyak produk skincare yang memanfaatkan ekstrak kopi dan berfungsi untuk menghilangkan puffiness pada area mata (mata sembap) dan juga menghilangkan selulit di tubuh. Skincare yang mencampurkan ekstrak kopi di dalamnya antara lain: Clarins, The Body Shop. Ada pula body scrub dari kopi yang sekarang sedang hits di antara beauty enthusiasts, yaitu Coffee Body Scrub dari Frank Body.

Nah, di akhir minggu kemarin, saya pun tertarik mencoba DIY membuat scrub dari bubuk kopi. Saya tidak berani mencoba membuat scrub wajah, karena menurut saya bubuk kopi bila dipakai untuk scrub wajah, rasanya masih terlalu kasar, khawatir malah bisa bikin iritasi.

Bahan-bahan DIY Body Scrub Kopi:

1 cangkir bubuk kopi, yang berbutir agak kasar, tidak terlalu halus, supaya bisa dipakai mengangkat sel kulit mati.

bubuk-kopi

Tambahkan ½ cangkir Sea Salt, jika suka untuk membantu proses eksfoliasi sel kulit mati lebih optimal

sea-salt

Lalu tambahkan 4 – 5 sendok makan minyak zaitun atau body oil favorit kamu. Saya suka mencobanya dengan beragam minyak atau body oil, mulai dari Extra Virgin Olive Oil yang juga bisa dipakai untuk masak,  minyak zaitun Mustika Ratu, sampai Olive Beautifying Oil dari The Body Shop. Kamu bisa sesuaikan pilihan minyak zaitu ini dengan budgetmu :)

olive-oil

Fungsi minyak di sini adalah untuk melicinkan butiran kopi saat digosokkan ke kulit, supaya tidak seret atau kesat di kulit dan mencegah terjadinya iritasi kan…

Nah, campur ketiga bahan ini dalam mangkuk hingga menyatu. Setelah itu, balurkan di bagian tubuh yang terasa kasar, siku, lutut, tumit, lengan dan kaki. Gosok perlahan hingga butiran kopi menggumpal dan luruh sendiri. Biarkan sekitar 15 menit supaya khasiat minyak zaitu meresap ke kulit tubuhmu. Lalu, bilas tubuhmu dengan air hingga bersih.

Oh ya, menurut pengalaman saya, lakukan body scrub ini di kamar mandi. Dan sebelum melakukan scrub, jika kamu nggak ingin lantai kamar mandi nantinya jadi kotor,  alasi lebih dulu lantai kamar mandimu dengan kertas koran untuk menampung sisa-sisa bubuk kopi yang tercecer.

Body scrub kopi ini ampuh mengangkat sel kulit mati. Aroma kopi yang asli sangat nyaman tercium di kulit tubuh. Tapi memang karena bikin sendiri, jadi lebih repot ya, ketimbang beli produk body scrub beraroma kopi siap pakai. Selamat mencoba!