Winny Wijaya, Brand Manager Menard: Pilih Pembersih Wajah Premium!

Sudah rajin membersihkan wajah dengan teknik double cleansing? Tapi sayangnya, masih banyak di antara kita yang masih kurang paham pentingnya memakai pembersih wajah dari brand premium. Mengapa?

Istilah double cleansing bagi kamu yang suka baca FD atau jadi member FD, tentu sudah nggak asing lagi. Salah satu beauty brand yang sangat menekankan pentingnya double cleansing agar kulit jadi sehat dan cantik adalah, Menard. Maka, di suatu siang, saya pun ngobrol dengan Winny Wijaya, Brand Manager Menard – Indonesia.

Winny-Wijaya-Brand-Manager-Menard-Indonesia

Sekilas tentang Menard, ini adalah beauty brand asal Jepang yang telah berdiri sejak 57 tahun lalu. Kini, pimpinan Menard pusat telah dipegang oleh generasi kedua. Maka saya tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang beauty brand premium asal Jepang ini dari teman saya Winny Wijaya, yang sudah 7 tahun ini menjadi Brand Manager Menard, Indonesia.

Selama ini banyak yang menganggap produk-produk Menard adalah skincare yang diperuntukkan untuk ibu-ibu bersasak atau perempuan usia senior. Benarkah seperti itu?

“Hehehe…iya di Indonesia, kenyataan ini memang nggak bisa dihindari. Karena pada awalnya, ketika Menard masuk pertama kali ke Indonesia tahun 1980-an, produk yang ditawarkan pertama kali adalah rangkaian skin care dari lini Embellir. Produk Embellir ini memang memiliki harga premium, maka nggak heran ya ibu-ibu “bersasak” (dari kelas menengah atas—red.) yang mampu membelinya. Nah, akibatnya banyak orang yang menganggap Menard adalah skincare untuk ibu-ibu. Padahal, rangkaian produk skincare Menard ini sangat beragam, bisa dipakai oleh semua perempuan mulai dari usia belasan, 20an, 30an, 40an hingga yang lanjut usia. Rangkaian produk Menard tersedia mulai dari yang harganya Rp 300 ribuan hingga jutaan rupiah, bisa dipakai 3 generasi deh, mulai dari anak, ibu hingga nenek!

Menard-Embellir

Rangkaian produk skincare Menard yang bisa kamu sesuaikan dengan kondisi kulitmu antara lain: Tsukika untuk merawat kulit normal, Lisciare untuk kulit yang mengalami problem kulit kering, kusam, uneven skin tone, Saranari untuk kulit yang mengalami photoaging yaitu mengalami kulit kering dan kendur karena sering terpapar sinar matahari dan Embellir untuk mengatasi semua permasalahan kulit.

Baca juga: Kulit Sehat dan Bersinar Seketika dengan Menard Authent Mask

Apa sih sebenarnya message utama dari Menard kepada para perempuan, melalui rangkaian produk skincarenya?

“Menard sangat mengutamakan pentingnya membersihkan wajah. Step 1 dari skincare Menard adalah produk pembersih wajah. Dan Menard menyarankan agar melakukan double cleansing di malam hari agar kulit jadi bersih, halus dan bebas problema. Menard menawarkan produk double cleansing yang berkualitas dan memang premium, karena menurut kami, bila kulit wajahmu bersih optimal maka kulit bisa menyerap dengan baik produk skincare berikutnya, atau Step ke 2, yaitu pemakaian serum, moisturizer maupun night cream. Maka, menurut Menard, jika ingin punya kulit indah dan sehat, memilih produk pembersih yang berkualitas dan memang benar-benar ampuh bisa mengangkat sisa-sisa makeup, debu dan kotoran itu harus jadi prioritas pertama. So, jangan membeli produk pembersih wajah yang asal-asalan, dan malah lebih mengutamakan beli serum, moisturizer atau makeup yang mahal. Itu percuma! Merawat wajah itu, basic pertama adalah membersihkan wajah. Ibaratnya seperti kita berencana mengecat dinding, maka yang pertama kita lakukan adalah mengerok cat lama, baru menimpanya dengan cat baru.”

Bagaimana ritual perawatan kulitmu, Winny?

“Produk skincare andalan saya adalah dari lini Embellir. Saya sangat mengutamakan double cleansing plus. Pagi hari, saya membersihkan wajah dengan Embellir Washing, lalu dilanjutkan dengan memakai Liquid. Sedangkan malam hari, saya tambahkan Embellir Refresh Massage. Untuk produk makeup, produk-produk yang selalu saya pakai juga simple saja: Jupier One Touch Lip Treatment, Jupier Lipstick nomor 17, Face Powder, Eyeshadow, semuanya dari Menard Jupier. Selain rutin membersihkan wajah, saya juga senang sekali minum jus hasil ramuan sendiri. Saya hobby meramu beraneka macam buah dan sayur untuk jus. Setiap hari, pagi dan malam, saya minum jus. It’s good for your skin, too!

winny-wijaya-brand-manager-menard-indonesia

Punya pengalaman unik dengan loyal customer Menard?

“Ada nih satu loyal customer dari Menard. Pada suatu hari saya bertemu dia di showroom Menard, PIM. Ia berkata begini, ‘Winny, produk kamu mahal! Saya mau ganti dengan produk X saja, karena lagi promo nih, diskonnya besar, hadiahnya banyak pula!’ Saya hanya tersenyum dan menjawab begini, ‘Oh, silakan Ibu, kalau itu memang pilihan ibu.’ Prinsip kami memang tidak memaksa customer untuk memakai produk Menard. Dari mulai pertama kali hadir hingga saat ini, Menard memang tidak pernah memberi diskon besar-besaran, hadiah pembelian, bahkan juga sangat jarang beriklan. Ini karena prinsip Menard, biarkan kualitas produk yang berbicara. Nah, singkat cerita, 3 minggu kemudian, saya bertemu ibu itu lagi di showroom, dia sedang membeli produk-produk Menard lagi. Saya pun bertanya, ‘Kenapa ibu kembali membeli Menard? Bagaimana dengan skincare barunya?’ Ia pun menjawab, ‘Ah, produk itu nggak cocok di kulit saya. Sudah deh, saya nggak bisa pindah dari Menard.’ Saking loyalnya customer kami, banyak juga yang sudah melakukan pembelian indent untuk produk-produk Menard. Mereka khawatir kehabisan produk.”

Makeup-Menard

Apa saran kamu untuk yang baru mau coba Menard?

“Bagi kamu yang baru mau coba Menard, bisa mulai mencoba produk cleansing atau washing-nya dulu.  Jika punya budget lebih, bisa memilih produk cleansing dari lini Embellir. Kalau budgetmu terbatas, pilih Tsukika dan minta mini sample untuk produk lain, atau coba facial Menard. Biaya facial di Menard, sekitar Rp 400.000,- sampai Rp 650.000,- saja.”

Bagaimana cara kamu bekerja dengan tim?

“Satu hal yang saya suka dari etos kerja di Menard adalah saling bantu seperti dalam keluarga. Prinsip ini sangat jelas terlihat mulai dari principal Menard di Jepang sana. Misal, jika hendak mengadakan event, semua staf turun tangan membantu, mulai dari merapikan ruangan, tanpa mempedulikan jabatan dari Direktur sampai karyawan terjun langsung bekerja. Saya juga selalu menekankan kepada tim saya bahwa dalam bekerja tidak memandang hanya dari pengalaman dan umur, tapi juga dilihat skill-nya.”

Dari segi harga, produk Menard termasuk premium. Apakah situasi ekonomi yang sedang lesu saat ini, ikut berefek pada penjualan Menard?

“Nah, ini uniknya…ternyata walaupun ekonomi sedang lesu, perempuan ternyata tidak mau ya wajahnya terlihat lesu, hahaha…! Jadi, kalau saya cermati, di saat perekonomian sedang lesu seperti sekarang ini, banyak perempuan yang memilih potong budget, kencangkan ikat pinggang di pos-pos tertentu, misal: mengurangi makan-makan di restoran fancy, ngopi di café. Tapi, untuk urusan skincare, mereka tetap punya budget untuk membeli produk premium yang memang sudah jadi andalan dalam merawat kulit.”