Selain Makeup Brush, Barang-barang Ini Juga Wajib Dibersihkan!

Makeup brush yang jarang dibersihkan adalah sarang kuman dan bakteri. Memakai makeup dengan kuas yang kotor tidak hanya bisa mengundang jerawat, tetapi juga mentransfer kotoran dari brush ke produk kosmetik kita!

Tentunya beauty product yang harus dibersihkan nggak cuma makeup brush saja. Selain makeup brush, masih banyak produk-produk kecantikan yang kita pakai setiap hari, tapi nggak terlalu “ngeh” kalau harus dibersihkan juga. Nah, jangan sampai karena ketidaktahuan ini, lalu membuat barang-barang yang kita pakai sehari-hari jadi sarang kuman dan malah membuat kacau kulit kita.

Apa saja yang harus dibersihkan?

Lihat juga: Cara Membersihkan Makeup Brush

SAMSUNG CAMERA PICTURES

1. Penjepit bulu mata

Penjepit bulu mata wajib banget dibersihkan secara rutin karena produk ini bersentuhan langsung dengan mata. Karena mata sangat sensitif terhadap debu dan kotoran, kamu bisa langsung tahu kalau saat ditempelkan ke kelopak dan ada rasa perih, maka sudah banyak kotoran menempel di penjepit bulu matamu! Cara membersihkannya bisa dengan alkohol atau anti-bacterial face wipes setiap habis pemakaian.

2. Eyebrow spoolie

Buat yang setiap hari nggak pernah absen pakai produk alis, harus rajin juga membersihkan kuas alis beserta spoolie-nya. Beberapa hari yang lalu, secara misterius tiba-tiba ada empat jerawat yang muncul di balik rambut alis saya. Empat, lho! Dua di alis kiri, dua di alis kanan. Setelah kroscek sana-sini, ternyata saya baru sadar kalau kuas alis dan spoolie saya itu kotor banget, berbagai macam produk alis mulai dari eyebrow powder, pomade, hingga bubuk-bubuk pensil alis menumpuk semua di sana. Hiii, pantesan aja tumbuh jerawat.

3. Makeup pouch

Nah, ini juga yang membuat terkadang kuas-kuas dan spoolie kita cepat kotor. Bagian dalam makeup pouch bisa dibilang salah satu area paling kotor karena terdapat tumpahan bedak, tercoret eyeliner, belum lagi helaian rambut rontok dari ikat rambut. Kalau sedang rajin, kamu bisa mencuci makeup pouch dengan deterjen dan menggosoknya dengan sikat gigi bekas. Namun kalau memang tidak punya banyak waktu, bisa mengikuti cara saya yaitu dibersihkan dengan kilat menggunakan facial wipes. :D

4. Alat catok

Sebelum mencatok, biasanya kita memakai banyak produk untuk melindungi rambut dari panas. Entah itu leave in conditioner, serum, atau heat protector. Nah, produk-produk ini terkadang meninggalkan residu yang kemudian bercampur dengan debu dan kotoran, sehingga ketika alat catoknya dipakai, sisa-sisa produk tersebut akan menempel pada rambut kita.

Solusinya, bersihkan alat catok menggunakan handuk kecil dengan alkohol lalu usap perlahan hingga plat keramiknya bersih. Usap dengan lembut supaya plat keramiknya tidak tergores dan pastikan alat catok sedang tidak dalam keadaan menyala. Untuk debu-debu di pinggir alat catok, kamu bisa menggunakan kuas kecil untuk membersihkannya.

Lihat juga: Sephora Hadirkan Dry Shampoo untuk Makeup Brush