5 Kesalahan Makeup yang Sering Dibuat Perempuan Usia 40-an

Apakah makeup yang kamu pakai bekerja dengan baik atau malah membuatmu tampak lebih tua? Inilah kesalahan makeup yang sering dibuat perempuan usia 40-an, sehingga malah terlihat lebih tua.

Everyday, I never leave home without makeup and of course my credit cards, hahaha…Ya, terus terang saya nggak bisa keluar rumah hanya dengan “wajah polos” tanpa makeup. Pergi ke luar rumah tanpa makeup? Bagi saya nih, pergi ke luar rumah tanpa makeup itu ibarat pergi tanpa busana. Karena saya merasa dengan ber-makeup, kulit saya mendapat perlindungan lebih, paling tidak dari bedak, foundation atau BB Cream yang saya pakai.

Apply-Foundation-and-Primer

Selain itu, makeup juga membantu saya menutupi kekurangan pada kulit wajah saya, antara lain : warna kulit tidak merata, uneven skin tone, bekas jerawat dan kulit kasar dan juga alis tipis nyaris botak. Nah, karena dalam ber-makeup saya punya “misi” khusus tersebut, maka dulu, sekitar 2 tahun lalu sebelum bergabung dengan FD Beauty Squad ini, gaya makeup saya cenderung “berlebihan”. Maksudnya, gaya makeup saya cenderung tebal, heavy, jauh dari kesan flawless, atau no-makeup makeup look.

Namun, sejak hari pertama bergabung dengan tim Beauty Squad, saya jadi “sungkan” sendiri dengan gaya makeup heavy yang biasa saya. Bagaimana tidak? Tim FD yang didominasi dengan anak-anak muda ini kebanyakan saat di kantor hanya memakai bedak tipis dan lipstick. Sementara saya selalu “hadir” minimal dengan foundation tebal dan alis ON. Duh, saya nggak mau dong terlihat “paling tua” di antara mereka, walaupun memang umur saya jauh di atas mereka, hahahaa…

Well, harus saya akui, memasuki usia 40-an, isu untuk looks younger, look fresh mulai jadi perhatian saya. Nah, berdasarkan pengalaman saya itu, maka kali ini saya coba merangkum, ada 5 gaya makeup yang seringkali kita lakukan dengan maksud sebenarnya untuk tampak lebih cantik, tapi ternyata bila dilakukan berlebihan malah bisa membuat kita jadi tampak lebih tua daripada umur kita sebenarnya.

1. Memakai Foundation Terlalu Tebal

Mengaplikasikan foundation terlalu tebal di kulit, justru malah bisa menonjolkan garis-garis halus atau keriput dan “menghilangkan” tampilan sinar kulit atau luminosity from your skin. Menurut beberapa makeup artist yang saya temui, mereka menyarankan, pakai foundation tipis saja hanya untuk meratakan warna kulit. Bahkan ada yang menyarankan saat membeli foundation, sebaiknya hindari produk yang dilengkapi dengan embel-embel “matte”, “velvet” maupun “long-wearing”, tapi cari foundation dengan formula cair yang ringan saja.

Kamu bisa mencoba foundation Revlon Colorstay Makeup for Combination or Oily Skin yang teksturnya ringan tapi memiliki medium –full coverage. Oh ya, jika kulitmu kering, hati-hati ya, memakai foundation bisa membuat kulit jadi patchy. Untuk mencegah hal ini, jangan lupa rutin mengeksfoliasi kulit, 2-3 kali per minggu dan setelah itu jangan abaikan pemakaian moisturizer. Kamu bisa memakai moisturizer yang juga memiliki kemampuan melawan penuaan dini.

2. Terlalu banyak memakai concealer di bawah mata

woman-apply-concealer

Tahukah kamu? Mengaplikasikan concealer kelewat tebal di bawah mata malah makin mempertegas garis-garis halus di area bawah mata, karena kulit di seputar itu, tipis. Maka, trik untuk menghindari “kesalahan” ini, pakailah concealer cair yang mudah dibaurkan dan cukup aplikasikan tipis di inner corners dari area bawah mata. Di sini biasanya kulit lebih menghitam dan juga banyak garis-garis halus.

3. Memakai lipstick warna deep atau gelap

Pemakaian warna gelap bisa membuat segala sesuatu jadi tampak lebih kecil. Nah, ilusi ini paling tepat untuk menyamarkan lebar pinggul tapi bukan bibirmu. Untuk membuat bibir tampak lebih penuh (menurut saya, ini adalah salah satu indikator wajah tampak muda), maka pilih lipstick maupun lip gloss warna cerah, misal: bernuansa peaches, pink atau merah menyala), pulaskan di atas lipstick warna gelap (cokelat gelap, ungu gelap, atau merah maroon).

4. Tidak memakai blush

Pipi bersemu merah muda bisa membuat wajahmu jadi tampak cerah seketika, lho! Dan jika diaplikasikan dengan benar, maka blush juga bisa membuat pipimu terlihat “naik”, lebih berisi. Cara pakai blush, coba senyum, lalu aplikasikan sedikit blush di bagian apple of the cheek. Blend blush on keluar ke arah pelipis dengan menggerakkan big fluffy brush secara berputar. Sedikit saja sentuhan blush on, bisa membantumu terlihat lebih segar! Sekarang, saya berusaha untuk tidak lupa mengaplikasikan sedikit blush on sebelum berangkat ke kantor! :)

5. Memakai pensil alis dengan warna terlalu gelap

Kebetulan saya termasuk golongan “yang kurang beruntung” karena tidak memiliki alis tebal. Yep, harus saya akui, alis saya sangat tipis, cenderung botak malahan. Maka, saya berupaya keras agar alis yang supertipis ini terlihat “penampakannya” dengan memakai pensil alis warna cokelat gelap.

Ternyata, semakin lama bergabung di Femaledaily “Beauty Squad” ini saya jadi menyadari “kesalahan” saya yaitu memakai pensil alis terlalu gelap. Ini membuat wajah saya jadi tampak “dewasa” dan galak lho!

makeup-look

Nah, kini saya memilih pensil alis dengan warna cokelat muda, sehingga wajah saya kini nggak lagi terlihat galak, malah terlihat makin manis lho! Hahahaa…memuji diri sendiri, boleh dong ya? Bagaimana dengan kamu? Punya cara dandan tersendiri yang bisa membuatmu tampak awet muda? Share your makeup tips with me! :)