4 Beauty Guru dengan Keterbatasan Fisik

Salah satu alasan mengapa kita senang menonton makeup tutorial di Youtube adalah karena bisa melihat sang beauty guru menampilkan wajah no-makeup mereka. Jika si beauty guru terlihat sedang jerawatan (just like us!), itu sudah biasa. Tapi kalau luka bakar permanen?

Pertama kali membaca cerita tentang perempuan-perempuan ini, saya sampai berkaca-kaca di depan laptop. Keterbatasan yang mereka miliki tidak menghalangi kecintaan mereka pada makeup dan membuat video tutorial yang keren.

Talk about bravery!

1. Shalom Blac

Screen Shot 2016-03-01 at 2.45.36 PMDi usianya yang baru sembilan tahun, Shalom Blac tersiram minyak panas saat sedang berada di toko milik ibunya. Hampir seluruh tubuh Shalom terkena luka bakar, mulai dari kepala, wajah, lengan, hingga bahu. Insiden tersebut meninggalkan luka bakar yang cukup parah pada kulit Shalom sehingga terjadi diskolorasi dan tekstur kulit yang tidak rata.

Setelah insiden tersebut, Shalom berkata bahwa ia merasa sangat tertekan oleh lingkungan di sekitarnya. “I was stared at by kids and older people whenever I stepped out. I felt like a living statue that people came to see.” jelasnya pada Buzzfeed.

Sekarang ini, Shalom memiliki Youtube channel yang memiliki lima belas ribu lebih subscribers. Tutorial makeup-nya cukup bervariasi, mulai dari celebrity-inspired tutorial, highlight and contour tutorial, hingga yang paling banyak ditonton yaitu The Power of Makeup, dimana Shalom hanya memakai makeup di bagian kanan wajahnya, sementara bagian kirinya dibiarkan polos tanpa makeup.

“I love doing makeup but that’s not the reason why I’m happy. I’m happy because I love myself for who I am and that’s all I know.”

2. Jordan Bone

Screen Shot 2016-03-02 at 11.11.28 AM

Berbeda dengan Shalom yang bercerita tentang kejadian yang menimpa dirinya sejak awal, Jordan Bone berusaha menyembunyikan kondisi fisiknya sampai pada suatu ketika, seorang subscriber menulis komentar di akun Youtube-nya: “Why is she holding the brush like that?”

Berawal dari pertanyaan tersebut, bertambahlah pertanyaan-pertanyaan selanjutnya. Jordan akhirnya mengungkapkan, saat berusia 15 tahun, ia mengalami kecelakaan mobil yang melumpuhkan bagian tubuhnya dari dada hingga ke bawah. Ia sudah tidak bisa berjalan dan harus mengikuti terapi bertahun-tahun agar bisa menggerakkan lengannya.

Melalui video “My Beautiful Struggle” yang sudah ditonton lebih dari lima juta orang, Jordan menceritakan depresi yang dialaminya pasca kecelakaan dan bagaimana ia perlahan-lahan menjalani hidup seperti biasa. Kamu pasti akan salut dengan Jordan yang tidak bisa menggerakkan jari-jarinya, tapi bisa membuat makeup tutorial sebagus ini.

“My hands haven’t be able to move in ten years, but I’ve taught myself a new way in doing my makeup. So, maybe if something is standing in your way, you should try another way. Just explore your options.”

3. Lucy Edwards

Screen Shot 2016-03-02 at 1.04.12 PM

Pernah melihat video “Blind Girl Does Her Own Makeup”? Di video tersebut, Lucy Edwards, Youtuber muda asal Inggris, menunjukkan bagaimana ia memakai makeup sehari-hari tanpa bantuan orang lain. Makeupnya lengkap lho, mulai dari foundation, concealer, eyeshadow, mascara, hingga lip gloss!

Lucy kehilangan pandangan di mata kanannya pada usia sebelas tahun, beberapa tahun setelah ia didiagnosa menderita penyakit langka bernama incontinentia pigmenti. Enam tahun setelahnya, mata kirinya pun juga sudah tidak bisa melihat lagi. Produk yang menjadi favoritnya antara lain adalah L’Oreal Miss Manga Mascara dan Rimmel Stay Matte Powder.

“I know that my face looks good without looking in the mirror. So I don’t have to ask someone, “Do I look good today?”, because I know that I do.”

Now that’s what I call an attitude! :)

4. Lizzie Velásquez

Screen Shot 2016-03-02 at 1.17.52 PMCoba kamu Googling “the ugliest woman in the world”. Wajah Lizzie Velásquez pasti akan muncul di halaman pertama. Mendapati dirinya diberi label tersebut membuat Lizzie sempat merasa down, apalagi setelah ia menemukan Youtube video yang memuat fotonya dan diberi tulisan “world’s ugliest woman”.

Baik Lizzie maupun keluarganya awalnya tidak ada yang mengerti penyakit apa yang diderita perempuan berusia 26 tahun ini, sampai akhirnya Lizzie mengetahui bahwa ia mengidap penyakit langka bernama Neonatal Progeroid Syndrome, dimana kondisi tubuhnya terdiri dari 0% lemak dan tidak bisa bertambah berat badan, sebanyak apapun makanan yang ia konsumsi setiap hari.

Youtube channel Lizzie memang tidak selalu fokus ke makeup, karena Lizzie sendiri lebih gencar mempromosikan kampanye anti-bullying. Tapi sesekali Lizzie membuat video seperti “My Everyday Makeup Routine” dan “Hair Tutorial Time”. Kisah hidup Lizzie diangkat dalam sebuah film dokumenter berjudul “A Braveheart: A Lizzie Velásquez Story” yang ditayangkan pada tahun 2014 lalu.