banner-detik

foundation

Mau Full Makeup Tetap Terlihat Natural? Ini Caranya

seo-img-article

Kalau Dara pernah share cara tampil segar tanpa makeup, maka kali ini saya mau share cara makeup natural walau kamu tampil dengan full makeup!  Dan, bukan full makeup yang berkesan no makeup look juga (looking at you, Kim Kardashian 😛).

1 Tema Warna

Ibaratnya tampilan baju all white atau all black yang terlihat clean, permainan satu warna ini juga bisa diterapkan pada eyeshadow, blush dan lipstik untuk menciptakan kesan modest pada makeup. Nggak ada aturannya warna apa yang bisa kamu pilih, but of course warna-warna “aman” lebih preferable ya.

cara-makeup-natural-2

Warna pink bagus untuk kamu yang berkulit putih. Kulit olive seperti saya bisa bermain dengan warna nude dan koral. Nah, buat yang kulitnya sawo matang, you’ll look gorgeous with bronzy shade. Saat melakukan trik satu warna ini, saya biasanya pakai lipstik nude dan light matte bronzer sebagai eyeshadow sekaligus blush.

Baca juga: Tips Makeup untuk Kulit Gelap dari Shafira Umm

Warna yang kamu pilih hanya sebagai tema aja. Tone warnanya sih bisa disesuaikan sesuai keinginan ya. Misalnya, blush warna light pink dan bibir light fuchsia ya nggak masalah. Play around with the texture too!

No Powdery Nose

Trik ini saya pelajari dari seorang MUA Max Factor. Katanya, saat pakai bedak, skip bagian ujung hidung alias nose button. Alasannya, hidung adalah fitur wajah yang paling “depan”. Terlalu berat makeup di bagian ini, bakal membuat keseluruhan wajah jadi medok.

Buat saya yang lebih mengandalkan loose powder ketimbang foundation/ BB cream untuk sehari-hari, saya langsung coba trik ini. Kesannya sepele banget awalnya, eh tapi bener lho. I really like the effect. Cobain deh.

cara-makeup-natural-1

Less Base

Less base di sini artinya bisa banyak ya. Could be lighter product, atau aplikasi produk di bagian tertentu saja. MUA Lisa Eldridge selalu pakai tinted primer untuk kulit kliennya yang sudah bagus. Marc Reagan dari Bobbi Brown memberi advise, saat kita ngobrol beberapa bulan lalu, pakai concealer di under eye dan bekas jerawat aja lebih natural ketimbang full face foundation. MUA Anggra Septa selalu skip foundation di daerah pipi yang sudah di-contour dengan foundation gelap.

Saya sih, lebih sering mempraktikkan trik kedua dari Marc. Walau setelahnya kamu timpa dengan blush dan bronzing, atau makeup mata yang dramatis, base makeup yang ringan makes all the difference.

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment