banner-detik

beautiful people

Andien Aisyah: Rutinitas Skincare dan Produk Favoritnya

seo-img-article

“Step skincare paling penting? Bersihin muka!”

Begitu kata Andien, yang saya temui beberapa waktu lalu di acara re-launching klinik Eternel Concept. Melihat kulit Andien yang super duper flawless hari itu, saya nggak bisa menahan diri untuk nggak bertanya macam-macam mengenai kulitnya, mulai dari masa-masa kelam saat jerawatan hingga bisa se-glowing sekarang ini.

SAMSUNG CAMERA PICTURESTernyata, waktu SMP sampai SMA dulu, Andien sempat pindah-pindah dokter karena masalah jerawat. Sebelum ke dokter, sempat dianjurkan oleh sang ibu untuk pakai yang perawatan yang natural seperti masker timun atau bedak dingin. Namun menurut Andien, cara tersebut nggak terlalu efektif karena jerawatnya masih suka hilang-timbul.

“Yaudah deh, karena itu nggak mempan jadinya aku beralih ke dokter kulit. Klinik kecantikan jaman dulu itu belum kayak sekarang ya, yang bisa dibilang painless, lah. Jadi aku masih ngerasain tuh, jerawat dipencetin sampai ninggalin bekas.”

Lalu? Sejak kapan kondisi kulit Andien mulai membaik?

“Perubahan di kulit yang berasa banget itu setelah aku mulai rutin olahraga. Sekitar tujuh tahun yang lalu aku bener-bener mengubah pola makan, pola tidur, dan pola exercise aku. Badan jadi lebih segar, kulit pun ikutan sehat. Jerawatan paling hanya kalau lagi mau dapet aja, itu pun cepet hilangnya.”

Baca juga: Inspirasi Gaya Makeup Andien, Raisa, dan Tara Basro

SAMSUNG CAMERA PICTURESSelain rajin olahraga, Andien juga rajin melakukan treatment di Eternel Concept seperti facial, HIFU, face slimming, dan juga bio-oksidasi. Karena perawatan-perawatan ini sifatnya hanya beberapa bulan sekali, jadi menurut Andien, perawatan di rumah juga betul-betul berperan penting untuk memperbaiki kondisi kulit.

“Step skincare yang paling penting buat aku itu bersihin muka. Dulu tuh aku bersihin muka basa-basi banget, cuma asal-asalan aja pakai kapas. Sekarang, aku bener-bener mastiin sampe kapasnya bersih supaya nggak ada sisa makeup atau kotoran yang ketinggalan di muka. Jangankan double cleansing, aku bisa triple cleansing, bahkan!” ujar Andien.

Apalagi menurut Andien, kulitnya sering terasa berminyak di dalam tapi terlihat kering di luar. Karena itu, proses cleansing sangat penting supaya pori-pori bersih total dan nggak memproduksi minyak berlebih.

Ada nggak sih produk favorit Andien? Belakangan ini, Andien mengaku lagi suka banget pakai serum Shiseido Ultimune. Pemakaian serum dilakukan setelah toner, kemudian diikuti oleh night cream. Pelembap juga merupakan produk yang wajib dipakai Andien setiap hari, karena setelah cuci muka terkadang kulit suka terasa seperti ditarik, katanya.

“Kemarin ini aku juga sempat nyobain natural skincare. Kurang lebih selama empat bulan aku cuma pakai argan oil dan rosehip oil aja. Muka jadi jauh lebih lembap dan halus! Ya, memang agak beda mungkin efeknya dengan skincare berbahan kimia yang kayaknya bisa bikin “kinclong” banget. Tapi yang penting aku udah tahu deh, kalau hamil nanti, aku akan pakai produk-produk natural ini aja!”

Baca juga: The Adorable Andien: Her Beauty Journey

Slow Down

Please wait a moment to post another comment