Apa yang Baru di Indonesia Fashion Week 2016?

Ajang trade show fashion tahunan terbesar di Indonesia segera hadir, Indonesia Fashion Week 2016 yang akan digelar pada tanggal 10-13 Maret 2016. Ada apa saja di IFW 2016 nanti?
 ifw5

Indonesia Fashion Week (IFW) 2016 kembali hadir untuk kelima kalinya, di Jakarta Convention Center Jakarta. IFW 2016 sejak awal memposisikan diri sebagai trade show, atau show dagang, yang tidak hanya memamerkan karya desainer dalam panggung runway, tetapi juga menitikberatkan pada pameran dagang. Seluruh fashion brand dan desainer yang berpartisipasi di dalamnya bukan hanya memamerkan karya, tetapi siap untuk berbisnis dan bertransaksi.

Tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, IFW 2016 akan diisi dengan 2 highlight utama, yaitu fashion show dan exhibition (pameran dagang). Terdapat 2 panggung peragaan busana yang akan menggelar 34 show selama 4 hari dari berbagai fashion brand dalam dan luar negeri. Pada pameran dagang, akan ada 470 label fashion yang akan berpartisipasi dengan berbagai kategori mulai dari Accessories, Kid’s Wear, Women’s Wear, Men’s Wear, Muslim Wear, Textiles, Bags, Casual Ethnics, Shoes dan Casual Modern.

ifw2 ifw6

Apa yang baru di IFW 2016?

Setiap tahun IFW selalu mengangkat tema yang menjadi arahan besar dan gambaran pada industri fashion Indonesia. APPMI sebagai penggerak IFW tahun ini mengangkat tema yang kuat, yaitu ‘Reflection of Culture’. Ini didasari oleh kekuatan unik dalam fashion Indonesia yang sangat dipengaruhi oleh kekayaan budayanya, yang sangat beragam dan tidak akan habis dieksplorasi. Karena itu, refleksi budaya Indonesia ini menjadi fokus yang ingin ditampilkan pada IFW kali ini.

APPMI secara khusus juga meminta semua anggotanya dan partisipan IFW 2016 untuk menggali kembali kekayaan budaya dan tradisi lokal, menjadi fondasi dan referensi dari setiap desain. Dengan demikian, pada akhirnya kita sebagai bangsa Indonesia akan mampu mengukir identitas kita di dunia fashion dalam refleksi orisinalitas kita sendiri.

Oh iya, dari 34 fashion show yang akan ditampilkan nanti, ada lebih dari 160 desainer dan brand yang akan memamerkan koleksi terbaru dan terbaiknya. Beberapa show favorit saya antara lain Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) dengan tema “Indonesia sebagai Pusat Fashion Muslim Dunia” dengan desainer antara lain Itang Yunasz, Ida Royani, Stephen Tach dan Amalina Aman; Sky.Inc, Wardah present Co[L]ordination bersama Ria Miranda, Dian Pelangi, Barli, Zaskia Sungkar dan Mel Ahyar, serta kolaborasi The Executive.

So, catat tanggalnya, dan pastikan untuk datang dan menyaksikan event besar fashion Indonesia ini, Brand lokal favoritmu pasti berpartisipasi disini, dan untuk mengetahui jadwal fashion show serta aktivitas lain yang bisa kamu ikuti, lihat di website resminya di indonesiafashionweek.id. Sampai jumpa di IFW 2016.