Tren Fashion yang Sedang Digemari: Patch!

Tren fashion yang sedang digemari saat ini merujuk pada gambar-gambar lucu dan unik. Patch, namanya. Apa itu? 
anya1

Patch atau stiker bordir yang sangat ngepop ini sejak tahun lalu mulai “mengintip” lagi melalui panggung-panggung fashion week, dan momen yang paling penting adalah saat Anya Hindmarch mengeluarkan koleksi Spring/Summer 2015 yang dihiasi dengan leather sticker dan patch berbentuk smiley, slogan dan thunderbolts. Dan kita lihat sendiri bagaimana tas Anya Hindmarch dengan patch tersebut menjadi incaran para fashionista dan muncul di halaman para selebgram.

Budaya pop yang diwujudkan melalui stiker beraneka bentuk yang fun ini biasanya menjadi identitas generasi remaja dan anak-anak sekolah, sejak dulu. Stiker ini menjadi fun element, sekaligus sebagai bentuk personalisasi yang bisa kita tempelkan dimana saja, buku, tas, aksesori, dan lain-lain.

Patch yang awalnya identik dengan gaya anak-anak dan remaja, mulai diadopsi ke dalam rancangan busana untuk wanita dewasa, menginjeksikan kesan “playful” serta memberikan jeda dari gaya yang biasanya serius atau polos.

Sejak tahun lalu kita sebenarnya sudah bisa melihat banyak brand yang juga menerapkan tren patch ini pada desain mereka, seperti Argyle & Oxford, Moshaict, dan lainnya. Dan sekarang, masuk ke berbagai gerai fashion di mal kita bisa sangat mudah menemukan fashion item berhias patch, and it’s everywhere. Zara, Stradivarius dan H&M juga sedang mendisplay banyak koleksi patch di semua tokonya saat ini. Brand lokal ada pula Moshaict dan Hannie Hananto yang juga menghias koleksinya dengan patch.

patch1

Zara

patch2

Stradivarius

patch3

Moshaict koleksi Jilbab Traveler

 Menariknya, karena patch ini sebenarnya adalah tempelan, maka tren ini bisa dengan mudah kita terapkan dimana saja, di item fashion apapun yang kita suka. Brand-brand fashion tersebut memang menjadikannya sebagai sebuah detail yang melekat pada sebuah fashion item, tetapi kini kita bisa menemukan beberapa vendor yang menyediakan berbagai patch bordir lucu yang bisa kita tempelkan sendiri. Tentu saja yang menjadi tantangan adalah bagaimana posisi peletakan yang tepat, karena sangat memengaruhi taste atau selera fashion secara keseluruhan.

Mau coba menghias fashion itemmu dengan patch-patch lucu ini? Coba Argyle & Oxford dan ipatch.id yang menjual berbagai macam bentuk-bentuk patch yang kekinian.