Bebas Kulit Kering di Musim Hujan

Nggak hanya macet dan banjir, kulit juga jadi masalah baru di musim hujan. Apalagi, bagi pemilik kulit kering seperti saya. Tiga trik ini lumayan membantu saya agar kulit nggak kering kerontang!

product_1449050573_winner_hai_800x8001. Ganti Body Lotion dengan Body Butter

Memang dasar kulit badan saya dari sananya kering, memasuki musim hujan ini kondisinya tambah nelangsa, deh. Gersang dan mengelupas di bagian siku. Body lotion saya yang biasa, Juara Tiare Body Milk, works just fine, tapi kayaknya masih kurang nendang. Body cream/ body butter yang memang secara fisik lebih thick baru terasa melembapkan di kulit.

Favorit saya adalah Juara Candlenut Body Cream, yang di hari-hari biasa saya hindari karena terlalu pliket. Beberapa alternatif yang mudah di dapat adalah body butter dari The Body Shop. Ini juga nggak kalah bagus; walau dipakai semalaman, saat wudhu keesokan harinya masih terasa lho licin-licin produknya di kulit.

1445931975_lg2. Semprot Face Mist

Nah, pengalaman yang ini agak sedih, sih. Baru beberapa hari lalu saya pergi kontrol ke dokter kulit. Mau lihat kondisi kulit saya setelah sebulan pakai tretinoin untuk menghilangkan bekas jerawat dan occasional pimples. Alhamdulillah ya, komedo sudah berkurang. Tapi dokternya bilang “Kok kulit kamu kering banget? Bibirnya juga?”

Kulit kering dan flaky karena pemakaian tretinoin memang biasa. Tapi, seharusnya, setelah sebulan keringnya akan berkurang karena kulit sudah menyesuaikan diri. Sialnya saya punya kulit sensitif, proses ini jadi tambah lama, walaupun tretinya sudah di-buffer pakai pelembap. Tapi mungkin salah saya juga, lupa ‘mengamalkan’ satu pesan dokter saya: sering-sering semprot muka pakai face mist!

Di musim hujan ini, kamu juga bisa melakukan trik ini supaya wajah tetap lembap, walaupun kamu nggak lagi perawatan dengan tretinoin. Cara ini bagus bagi yang kulitnya gampang clogging kalau pakai pelembap biasa.  According to my derm, pakai face mist merek apa saja nggak masalah. Malah buat yang kulitnya sensi dan sering nggak cocok pakai produk pasaran, air mineral dalam botol spray kosong bisa jadi face mist murah meriah nan ampuh.

3. Pakai Petroleum Jelly untuk ‘Mengunci’ Pelembap

product_1455162413_vaseline_p_800x800Di FD Beauty Review, banyak yang pakai Vaseline alias petroleum jelly untuk bulu mata atau bibir dan siku yang kering. Petroleum jelly ini juga bagus lho untuk dipakai di atas serum/ night cream, karena memiliki sifat oklusif. Artinya, petroleum jelly bisa mencegah oksigen masuk yang membuat skincare malam kita cepat menguap, dan menjaga kadar air di wajah.

Coba oles petroleum jelly tipis-tipis di wajah setelah selesai dengan produk perawatan lain. Nggak perlu takut pori-pori tersumbat, karena partikel petroleum jelly ini terlalu besar untuk bisa mempenetrasi kulit. Cara ini juga aman-aman saja di kulit saya yang sensitif.

Selamat mencoba!