5 Gaya Makeup yang Sebaiknya Dihindari Saat First Date

Ada yang full makeup setiap nge-date, ada juga yang no-makeup makeup. Ada yang cuma bedakan saja, ada juga yang malah nggak makeup sama sekali. Untuk pergi nge-date, sebaiknya pakai makeup yang gimana, ya?

1. Dead-matte lipstick

Jangan Pakai Makeup Seperti Ini Untuk First Date! lipstick matteFoto /neonmeteorites.blogspot.com

Matte lipstick memang terlihat cantik di bibir, tapi kalau untuk nge-date, disarankan untuk tidak memakai lipstick yang teksturnya benar-benar dead-matte. Dead-matte di sini maksudnya adalah yang formulanya sangat drying dan bisa menonjolkan kerutan-kerutan di bibir.

Selain agak susah touch-up (karena butuh ketelitian ekstra untuk memakai dead-matte agar terlihat rata), sehabis dipakai makan juga dead-matte lipstick akan meninggalkan bekas yang agak kurang enak dilihat. Masih mending deh, kalau hanya pudar di bagian dalam bibir. Tapi seringkali dead-matte lipstick terlihat seperti cat tembok yang ngelopek-ngelopek dan bercampur dengan kulit kering bibir.

Solusinya? Kamu bisa pakai liquid lipstick dengan tekstur semi-matte yang lebih lembut dan nggak terlalu kering di bibir. Ada banyak warna-warna lipstick semi-matte yang “kalem” dan bisa kamu gunakan untuk pergi nge-date. Our favorite is Polka Matteness Lip Lacquer in Maraccass and Bourjois

2. Over glossy lips

glossy lipsFoto /tumblr.com

Meskipun nggak pakai dead-matte lipstick, bukan berarti bibir jadi harus super berkilau dan lengket. Kalau memang kepingin banget pakai lip gloss, kamu bisa mengoleskannya sedikit saja di bagian tengah bibir atau cuping atas (cupid’s bow). Toh, efek yang dihasilkan akan sama saja, plumped and luscious lips, with less shine. 

Lagipula, bete nggak sih, kalau udah keren-keren pakai lip gloss, terus si cowok mengucapkan kalimat tergaring sepanjang masa tentang lip gloss ini: “Habis makan gorengan, ya?”

3. Glitter eyeshadow

Mau Pergi Kencan? Hindari 5 Tampilan Makeup Ini!Foto /tumblr.com

Just… Don’t. Kamu bisa memakai riasan mata yang lebih santai seperti yang ada di video Soft Pink Makeup Tutorial atau K-Pop Summer Look Tutorial. Nanti aja pakai eyeshadow glitter-nya, kalau sudah jadian dan menghadiri acara pernikahan bareng. :D

4. Heavy lashes

Mau Pergi Kencan? Hindari 5 Tampilan Makeup Ini!Foto /thebeautybybel.com

Jepit bulu mata selama 15 detik, lalu aplikasikan dua coat mascara untuk bulu mata atas dan bawah. Cukup! Bulu mata yang terlalu tebal dan panjang akan terlihat too much untuk first date dan membuat semua mata tertuju pada bulu matamu. Kalau memang merasa perlu untuk pakai bulu mata palsu, pilih yang tampilannya lebih natural seperti Lavie Lash Rosie atau RTSY Silk Upper Eyelash Mademoiselle.

5. Crazy nail-art

Jangan Pakai Makeup Seperti Ini Untuk First Date!

Tone your nails down a little bit. Mau sekeren apapun nail art-mu dengan hiasan swarovski atau kuku palsu yang panjang, kalau ujung-ujungnya malah membuat susah membuka pintu mobil dan jadi parno karena takut kukunya rusak, lebih baik pakai kuteks biasa aja. Nail sticker juga bisa.

Poinnya adalah, jangan sampai pasangan kamu malah terdistraksi dengan “ramainya” kuku kamu dan jadi hilang fokus. Better impress them with great stories and conversation rather than sophisticated nail art, isn’t it?

Tapi tentu saja, pada akhirnya semua kembali lagi ke kamu. Kalau kamu nyaman-nyaman saja memakai lima hal di atas, ya silakan saja. Toh yang terpenting adalah kamu tetap menjadi diri sendiri. Namun, tetap pastikan kalau makeup yang kamu gunakan nggak akan membuat ribet nantinya. Males nggak sih, ngobrol sama orang yang dikit-dikit benerin lipstick atau menghapus eyeshadow glitter yang jatuh-jatuh ke pipi?

Lihat juga: Soft Pink Makeup Tutorial