Tips Belanja Online untuk Makeup & Skincare

Saya sering banget belanja online untuk nyobain makeup baru. Walau praktis dan menyenangkan, it could be tricky too. Baca dulu tips belanja online ini yang selalu berguna untuk saya.

FD loves online shopping! Nggak usah jauh-jauh, Beauty Warehouse di forum Female Daily jadi ‘racun’ yang menghantui saya dan tim FD setiap hari. Belum lagi berbagai online shop di Instagram yang memudahkan akses (dan menyulitkan dompet) kita untuk membeli brand-brand makeup dan skincare  yang belum ada retailer resminya di Indonesia, seperti ELF, Paula’s Choice, L.A. Girl dan masih banyak lagi. Bahkan, untuk sejumlah brand yang sudah ada di Indonesia, online shop bisa menawarkan harga yang lebih murce lagi.

Sejumlah issue utama yang muncul dalam belanja online adalah pemilihan shade, keaslian produk, dan (ehemm) budget yang bisa-bisa jebol karena tinggal klik sana-sini lalu transfer. Tips belanja online berikut bisa membantu masalah ini. They always work for me!

1. Lihat tutorial blogger/ vlogger untuk menentukan shade

Belanja lewat Instagram, kan, nggak kayak Sephora luar negeri di mana kita bisa refund produk yang sudah dibuka kemasannya. Kalau sampai salah beli shade foundation, concealer atau lipstik high end, bisa berabe :D Tapi, bukan berarti kamu nggak bisa beli foundation secara online.

tips-belanja-online-memilih-warna-foundation-1Mungkin Puteri Modiyanti bisa jadi acuan shade kamu?

Coba deh, tonton tutorial atau product demo beauty vlogger di YouTube, yang punya shade kulit mirip bahkan sama dengan kamu. Untuk kita yang orang Asia, Asian or Latina vloggers lebih baik. Kamu bisa mengikuti shade makeup yang mereka pakai sebagai acuan. Saya sendiri, yang punya kulit light-medium dengan warm undertone, beberapa kali membeli foundation online (atau titip teman di luar negeri) dengan cara ini. Yang jadi acuan saya adalah beauty vlogger Saaammage, yang merupakan orang Cina-Thailand. This was waaay before local vloggers started to emerge. Dengan banyaknya vlogger lokal sekarang, malah lebih enak lagi, kan?

Nggak hanya untuk base makeup, cara ini juga berguna untuk makeup lain seperti lipstik dan blush, lho.

2. Pilih online shop dengan banyak pilihan produk

Kadang, belanja lewat Instagram yang tadinya terlihat murah, terasa mahal juga setelah biaya shipping dan admin (ada juga online shop yang meminta fee untuk biaya bubble wrap/ bungkus produk). Dikali beberapa online shop, lumayan juga kan? Apa lagi buat kamu yang mungkin masih di bangku kuliah.

Satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menekan budget belanja kamu adalah mencari seller Instagram yang menjual beberapa jenis barang sekaligus, seperti makeup, skincare, parfum sampai makeup tools dan fashion item. List seller Instagram terpercaya ini bisa membantu.

tips-belanja-online-2

3. Cari seller dengan foto produk asli

Saya suka aja, kalau browsing online shop yang memasang foto produk asli, dan bukan mengambil dari web lain. Apa lagi fotonya sampai di-styling sedemikian rupa dengan lighting yang bagus; kesannya lebih trusted. Contohnya seperti Pre Order by Mimo dan De Joy of Makeup, yang juga suka menambahkan mini review dan swatch dari produk yang dijual. When they put more effort like that, saya juga nggak perlu ragu akan keaslian produk.

Buat kamu yang punya tips belanja online lain, share di kolom komen, ya!