5 Desainer Modest Wear Indonesia Tampil di London Fashion Week 2016

5 Desainer Baju Muslim atau Modest Wear dari Indonesia akan tampil memeriahkan London Fashion Week 2016. Seperti apa persiapan yang sudah dilakukan?

Memasuki bulan Februari artinya gelaran Fashion Week utama dunia – New York, London, Paris dan Milan – mulai bergulir. Dan meskipun Indonesia jauh dari keempat kota besar tersebut, pecinta fesyen Indonesia tidak pernah ketinggalan untuk mengikuti perkembangan mode global ini. Dan beberapa tahun terakhir Indonesia semakin menunjukkan namanya dengan partisipasi desainer Indonesia pada event-event fesyen internasional, bahkan di panggung fashion week utama seperti tahun ini.

Setelah Denny Wirawan yang memukau dengan koleksi batik Kudus di ajang NYFW, kini 5 desainer modest wear Indonesia akan membawa karya terbaiknya ke event London Fashion Week F/W 2016. Empat desainer yaitu Dian Pelangi, Restu Anggraini, Jenahara dan Zaskia Sungkar akan mengikuti International Fashion Showcase pada LFW 2016. Mereka akan mengusung tema Modest Cosmopolist dengan 4 elemen alam yang diwakili oleh masing-masing desainer, yaitu Api, Air, Udara dan Cahaya. Sedangkan satu lagi desainer yang mewakili HijUp.com yaitu Vivi Zubedi akan mengadakan trunkshow pada International Fashion Bloggers Meetup.

International Fashion Showcase adalah agenda reguler pada LFW yang diorganisir oleh British Fashion Council dan diikuti oleh beberapa negara, seperti yang dikutip dari laman LFW berikut:

The exhibition is the fifth edition of the annual International Fashion Showcase (IFS) and forms a key part of London Fashion Week’s public-facing programme which celebrates the universal relevance of fashion in contemporary culture. The International Fashion Showcase is a series of specially commissioned and curated fashion installations featuring work by emerging designers from all over the world. To date, 450 of the most exciting international designers from 60 countries have exhibited in the IFS initiative.

Foto1 (Medium)

Dian Pelangi, Jenahara, Restu Anggraini, Vivi Zubedi dan Zaskia Sungkar

 

Keikutsertaan 5 desainer ini terwujud atas kerjasama e-commerce fesyen muslim HijUp.com dan British Council, yang bertujuan untuk mempromosikan busana muslim atau modestwear ke pasar dunia. HijUp.com secara strategis memilih kelima desainer yang merepresentasikan keragaman modestwear di Indonesia dan dapat membawa nama Indonesia lebih dikenal.

IFS yang diikuti keempat desainer tersebut akan berlangsung selama gelaran LFW, yaitu pada tanggal 19-23 Februari 2016. Sedangkan International Fashion Blogger Meetup akan diseleggarakan oleh HijUp.com pada tanggal 21 Februrari 2016.

Yang lebih menarik, International Fashion Showcase ini sudah beberapa tahun menjadi bagian dari London Fashion Week, tetapi ini  pertama kalinya busana muslim ikut serta. Dan Indonesia menjadi negara pertama yang menampilkannya. Ini menunjukkan eksistensi bahwa Indonesia bukan saja sebagai pemain dan pasar terbesar busana muslim, tetapi juga sebagai leader dalam tren modestwear.

Di sisi lain keikutsertaan ini juga menjadi momentum untuk menunjukkan potensi fesyen Indonesia yang sangat besar, dan potensi untuk diterima dengan baik oleh masyarakat global. Karena arus modest fashion di Indonesia ditunjang oleh mayoritas penduduk yang beragama Islam yang toleran dan keragaman budaya yang menjadi inspirasi tak terbatas bagi eksplorasi fashion itu sendiri.

Diajeng Lestari, founder dan CEO HijUp.com mengatakan bahwa keikutsertaan ini sebagai komitmen HijUp.com untuk memajukan industri busana muslim dan memperkenalkan karya-karya desainer muda muslim Indonesia kepada dunia. Relevan dengan pandangan dunia terhadap Islam, secara tidak langsung mereka juga berperan sebagai duta, untuk menampilkan nilai-nilai Islam yang ramah, yang penuh kedamaian, keindahan dan kreatifitas berkarya.

hijup6

sneak peek koleksi kelima desainer yang akan ditampilkan di London

Nah, untuk melihat kegiatan HijUp bersama kelima desainer ini, kita bisa melihat di kanal youtube HijUp.com. Dukung terus fesyen Indonesia ya!