Sebelum Mencoba Skincare Baru, Baca Dulu Artikel Ini!

Berencana pakai skincare baru? Nah, sebelum buru-buru mengganti produk andalan kamu dengan skincare baru, simak dulu penjelasan di bawah ini. 

Pernah nggak sih mencoba suatu perawatan wajah – baik satu lini lengkap ataupun hanya satu produk – dan ternyata bukan kulit kinclong yang didapat tapi malah breakout yang tidak terkontrol seperti cerita Dara di sini?

Memang dalam mencoba produk perawatan wajah kita tidak bisa asal pilih saja, harus berhati-hati juga dan memperhatikan beberapa hal. Apabila memang produk yang kalian gunakan ternyata memberikan hasil yang negatif, coba perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Screen Shot 2016-02-10 at 1.10.24 AM

1. Bagaimana produk baru diperkenalkan?

Biasanya dalam menggunakan produk baru apakah kalian menambahkan hanya satu produk tersebut ke dalam rutinitas yang sudah ada, menambahkan beberapa produk berbeda baik jenis maupun merek sekaligus atau langsung mencoba satu lini produk dari merek tertentu?

Yang paling baik menurut saya adalah memperkenalkan satu produk ke dalam rutinitas yang sudah ada. Jadi begitu tidak cocok, kita langsung tahu produk apa yang tidak cocok untuk kulit kita dan menyebabkan efek negatif. Apabila mencampur-campurkan berbagai macam produk baru sekaligus ke dalam rutinitas perawatan wajah kamu, sulit untuk mengetahui pasti apabila ada efek negatif, produk mana yang memicu efek tersebut. Begitu pula sebaliknya apabila ada hasil positif yang didapatkan.

Kejadian breakout juga bisa muncul saat kita langsung mengganti produk perawatan wajah dalam satu lini lengkap. I’m guilty of that too. Hal ini riskan karena belum tentu lini yang kita pakai akan cocok dengan kulit kita dan kalau ada efek negatif kita harus merunutnya satu-satu, kira-kira produk mana, sih, yang tidak cocok? Biasanya saya suka mulai dengan produk pembersih atau toner, baru merambah ke serum dan kemudian pelembap.

2. Purging or breakout?

Kenal istilah purging? Di mana, katanya, kulit sedang mengalami proses “detoks” mengeluarkan dosa-dosa yang tertimbun di dalam kulit. Alhasil semua kejelekan yang tadinya tersembunyi di bawah permukaan kulit langsung keluar ke permukaan. Is it true or not?

Saya, sih, paling nggak suka ya dibohongi oleh sales asisstant yang mengatakan produk yang bagus dan bekerja efektif itu adalah produk yang pertama kali kita pakai langsung mengeluarkan semua masalah di kulit sehingga menimbulkan reaksi yang dinamakan dengan purging. Bukannya saya benar-benar tidak percaya dengan purging. Saya sendiri pernah mengalaminya. Tapi biasanya yang dinamakan purging tidak akan memakan waktu lama dan reaksi negatifnya tidak akan “hebat” serta relatif akan bersih dalam waktu singkat. If your skin is crying for help, listen to it. Apabila sudah lewat seminggu keadaan tidak membaik, itu artinya kondisi sudah borderlining breakout.

Sebelum ganti skincare, apalagi yang wajib kamu pahami?