Makeup Umur 40-an: Ada 2 Hal yang Wajib Dihindari

Less is more, apa lagi untuk makeup umur 40-an. Ini yang harus dilakukan dan dihindari.

Memang sih, umur saya masih 24 jalan 25 tahun; belum waktunya pusing soal makeup umur 40-an. Tapi, FD-ers pasti banyak juga yang sudah kepala empat, dan ingin tampil effortlessly graceful. Saya juga dikelilingi saudara-saudara yang sudah menginjak 40, dan approach-nya dalam ber-makeup bukan lagi coba-coba liquid matte lipstick terbaru, atau niat melakukan contouring dan highlighting. They just wanna look good and youthful (taking notes for 40 me in the future), dan kalau perlu dengan effort seminimal mungkin, deh

Misalnya, ibu saya sendiri. Duluuu, waktu saya masih kecil dan imut-imut, si mama nggak pernah absen pakai loose powder dan foundation Ristra, eyeshadow plus makeup mata lengkap, dan lip liner serta lipstik favoritnya; dari Revlon, YSL atau The Body Shop. Pas umurnya makin mendekati 50, makeup routine ibu saya memendek drastis, jadi hanya yang basic-basic aja. Bedakan, rapihin alis (she loves Viva Eye Brow Pencil or NYX Auto-Eyebrow for this) dan pakai lipstik (YSL yang diirit-irit, karena dolar sudah nggak Rp 2500,- lagi ).

Panduan makeup ini nggak hanya untuk umur 40-an aja, but mature features in general.

makeup-umur-40-tahun-1

Hindari Lipstik Gelap & Matte

Here’s the thing with matte lipstick. Karena tekstur dan pigmentasinya, lipstik matte harus diaplikasikan dengan sempurna; sesuai dengan garis bibir. Semakin menua, garis bibir kita nggak setegas dulu lagi, dan mengaplikasikan lipstik matte could be very tricky.

Tekstur kering dan flat lipstik matte, terutama yang berbentuk liquid, juga akan memperjelas setiap kerutan dan garis bibir, karena nature-nya yang drying. Jadi, untuk makeup umur 40-an ke atas, lipstik dengan finish semi-matte atau satin yang melembapkan jauh lebih flattering.

Coba lipstik seperti Revlon Super Lustrous, NYX Round Lipstick dan Wardah Exclusive lipstick, yang teksturnya creamy, sehingga lebih forgiving saat diaplikasikan sedikit melewati garis bibir.

Colors matter. Mengikuti tren warna lipstik vampy & matte hanya akan membuat kesan trying too hard. Coba deh lihat tampilan bibir Naomi Watts. Jauh lebih menarik dengan lipstick creamy nude-nya,kan?

Maka, makeup untuk perempuan “senior” sebaiknya…>>