3 Penyebab Bibir Kering, Walau Sudah Rajin Pakai Lip Balm

Rajin pakai lip balm dan minum air putih, namun bibir masih juga kering? Tiga penyebab bibir kering ini bisa jadi masalah yang sebenarnya.

Bibir kering memang masalah klasik, ya. Walau tampaknya sepele, namun bibir kering, apa lagi sampai  mengelupas, bisa membuat lipstik yang paling mahal pun kelihatan nggak oke. Masalah bibir flaky bahkan bikin saya rajin eksfoliasi bibir setiap mandi pagi, dengan cara menggosok bibir satu arah menggunakan sikat gigi. Bibir sih langsung  terasa halus setelahnya, but it’s just a temporary fix.

FYI, bibir memang nggak punya kelenjar miyak dan keringat seperti bagian kulit lainnya. Jadi, wajar memang kalau daerah bibir terasa lebih kering dari bagian tubuh lain. Namun, kalau keringnya bibirmu sampai mengganggu banget, bisa jadi salah satu penyebab bibir kering ini jadi masalahya:

penyebab-bibir-kering-1.jpg1Banyak Konsumsi Kafein

Doyan ngopi atau minum teh ternyata bisa jadi penyebab bibir kering. Ini karena efek diuretic kafein, yang menyebabkan kita cenderung kebelet buang air setelah mengonsumsi kopi/ teh, dan ikut menguras cairan tubuh, sehingga kulit termasuk area bibir menjadi kering.

Sebagai alternatif kopi dan teh, saya sekarang lebih sering ngeteh dengan peppermint tea dan chamomile tea (yang basically bukan teh, tapi dikemas di dalam tea bag :D),  dan minum teh hijau yang kaya antioksidan dan rendah kafein.

penyebab-bibir-kering-2Kebiasaan Menggigit & Menjilat Bibir

Ternyata, dua kebiasaan ini bisa memperparah bibir kering, karena mengganggu lapisan pelindung alami bibir. No wonder kalau semakin sering menjilat bibir, justru bibir semakin kering, ya. I know these are habitual, dan kita sering nggak sadar dalam melakukannya . Namun demi bibir sehat, kurang-kurangi ya kebiasaan menjilat dan menggigit bibir.

Memakai Skincare untuk Kulit Berjerawat

Yang ini sih saya banget, deh. Memakai tretinoin untuk menghilangkan bekas jerawat berupa PIH efeknya bikin bibir dan area mata saya kering banget, sampai-sampai pakai eye primer aja susah diratakan.

Perawatan untuk kulit bepenyebab-bibir-kering-3rjerawat seperti tretinoin, benzoyl peroxide dan salicylic acid memang punya efek samping dryness, yang juga mempengaruhi kulit area mata yang tipis, dan juga bibir. Kalau kamu ke dokter kulit, biasanya kamu akan diingatkan soal efek ini sebelumnya, dan disarankan untuk memakai lip balm dengan lebay, alias sampai keluar garis bibir seperti joker, sebelum memakai obat jerawatmu.

Kalau ini jadi penyebab bibir kering kamu, chances are lip balm biasa nggak akan mempan untuk melembapkannya. You’ll need something thick and greasy, seperti Lucas Papaw Ointment.