4 Cara agar Makeup Tahan Lama Seharian

Mau menghadiri acara penting? Dan kamu ingin agar makeup yang dipakai tidak luntur atau pudar selama beberapa jam ke depan? Jangan lupa lakukan 4 cara ini agar makeup tahan lama seharian!

1. Gunakan pelembap yang tepat

Kamu pasti sudah paham dengan kalimat “it all started with a clean canvas.” Kanvas yang baik untuk makeup adalah kulit yang lembap, kenyal, dan cukup akan hidrasi. Pelembap tidak boleh dilewatkan, apalagi sebelum makeup, karena pelembap lah yang menjaga agar foundation tidak meleleh di kulit. Untuk kulit kering, gunakan pelembap yang bisa mengatasi dry patches di sekitar area wajah agar foundation bisa menempel dengan baik. Sedangkan kulit berminyak, pilih pelembap berbahan dasar air atau oil-free untuk mengontrol produksi minyak.

2. Pakai face primer sebelum foundation

Ini sepertinya sudah “harga mati’, ya. Selain bisa mengatasi masalah warna kulit tidak rata, face primer juga mempersiapkan kulitmu supaya permukaannya lebih halus dan mudah dipakaikan foundation. Ada berbagai macam face primer di luar sana yang memiliki fungsi berbeda-beda, salah satunya color correcting primer yang biasanya hadir dalam berbagai warna. Jika kamu memiliki masalah discoloration seperti noda merah bekas jerawat atau lingkaran hitam di bawah mata, kamu bisa menggunakan color correcting primer supaya warna kulit terlihat lebih rata. Tapi kalau tidak, mungkin kamu bisa melihat referensi face primer favorit member Female Daily di artikel “Inilah 4 Face Primer yang Bisa Membuat Kulit Wajah Tampak Halus”.

4 Cara Supaya Makeup Tahan Lama Seharian produkFoto /londonmakeupandhair.co.uk

3. “Kunci” semuanya dengan setting powder

Penting, nih! Setelah memakai foundation dan concealer, tambahkan setting powder di atasnya agar dua produk ini bisa tahan lebih lama. Produk-produk yang menjadi favorit kami untuk “mengunci” foundation adalah Laura Mercier Loose Setting Powders dan Chanel Universelle Libre Natural Finish Loose Powder. Kalau kamu lebih menyukai bedak yang transparan, kamu bisa menggunakan translucent powder untuk seluruh wajah dan brightening powder di bawah mata agar area undereye terlihat lebih terang. Salah satu trik setting powder yang populer adalah “baking”, yang bisa kamu tonton tutorialnya di video How To Do The Baking Makeup Technique. 

4. Semprotkan setting spray

Langkah ini sebenarnya opsional, karena ada juga orang yang beranggapan bahwa menyemprotkan “air” ke wajah justru bisa membuat makeup luntur dan tidak awet. Kalau saya pribadi sih lebih suka menyemprotkan setting spray ke wajah setelah semuanya selesai, terutama dengan produk yang memiliki fungsi oil control, agar tampilan minyak di wajah bisa dikurangi. Selain itu, setting spray juga bisa membuat makeup terlihat tidak dempul dan memberikan hasil akhir natural yang segar.