Mengenal Yee Sang, Makanan Sehat Khas Imlek

Sebentar lagi Tahun Baru Imlek akan tiba. Ternyata dalam perayaan Imlek ini ada jenis makanan yang tak hanya lezat tapi juga sehat lho! Yuk, kenali filosofi Yee Sang. 

 

imlek-2016-tahun-monyet-api

source: discoverlosangeles.com

Pada tanggal 8 Februari nanti, kita akan merayakan datangnya Tahun Monyet Api. Perayaan Imlek pun biasa dirayakan dengan acara makan bersama keluarga. Nah, selama ini, saya hanya mengenal masakan Cina yang sudah sangat “mendunia” antara lain: bakmi goreng, cap cay, pu yung hay. Makanan-makanan tersebut umumnya identik dengan makanan berminyak, berlemak dan lumayan tinggi kalorinya ya…

Nah, ketika kemarin ini saya diundang mencicip hidangan menyambut Imlek di Restoran  Table8 Hotel Mulia Senayan, Jakarta, saya baru tahu bahwa ternyata ada juga jenis Chinese food yang sehat, tidak terlalu berminyak dan rendah kalori, tentunya. Hmm, cocok nih untuk saya atau kamu yang sedang ingin menjaga berat badan supaya tidak naik melambung gara-gara kebanyakan mengonsumsi makanan tinggi kalori.

Yee Sang adalah adalah salah satu jenis makanan khas Imlek. Nah, ritual meracik Yee Sang oleh setiap anggota keluarga maupun teman yang berkumpul dengan memegang sumpit dan berlomba mengangkat adukan Yee Sang paling tinggi untuk menjemput kemakmuran merupakan peristiwa istimewa.

Yee-Sang-makanan-imlek-2016-Hotel-Mulia-Senayan-Jakarta.

 

Yee Sang, sebuah sajian berwarna-warni, dari irisan sayur, manisan jahe dan ikan salmon, dilengkapi dengan saus lezat. Nah ternyata di balik kelezatan makanan ini, ada filosofi kehidupan yang sangat positif dari Yee Sang. Inilah makna mendalam dari bahan-bahan makanan yang terdapat di dalam Yee Sang:

1. TA CI TA LI TA FENG SHOU Air jeruk: semoga banyak rejeki, banyak untung

2. SHUANG SI LIN MEN FU ANG KANG Bumbu: semoga bahagia

3. NIEN NIEN YOU YU HE JIA HUAN Ikan salmon (seafood): Semoga banyak keberuntungan

4. WAN SHI RU YI SI JI HAO Minyak Yee Sang: Semoga semua urusan lancar

5. TIEN TIEN MI MI SING TUAN YUAN Minyak Plum: Semoga dalam hidup selalu manis

6. MAN TI HUANG CIN TIAN FU GUI Kerupuk: Semoga setiap sudut rumah menghasilkan banyak uang

 

Nah, bagi kamu yang merayakan Imlek, jangan lupa sajikan Yee Sang di tengah jamuan keluarga ya…Ehem, saya dan teman-teman di Female Daily nggak nolak lho kalau diajak makan Yee Sang pada saat Imlek nanti, hahaha….

Happy Chinese New Year atau Gong Xi Fa Cai 2016 buat kamu semua yang merayakannya!