banner-detik

beautiful people

Ina Balasong, Sosok Pekerja Keras Namun Murah Hati di Balik BEAUTY BOX

seo-img-article

Bagaimana sih awal mula Mbak Ina membuat BEAUTY BOX?

“Ibu Sita, atasan saya di perusahaan terdahulu, mengajak saya membuat BEAUTY BOX ini. Dan kami ingin membuatnya bukan sekadar beauty store biasa. Tapi kami ingin menjadi ‘rumah’ untuk kosmetik, parfum dan beauty tools yang ‘susah didapat’ dari berbagai penjuru dunia.”

Dan terbukti, selama ini BEAUTY BOX banyak memberikan pilihan , instead of the usual choices that existed in the Indonesian market; all the good stuff that you won’t find in any department store. Di BEAUTY BOX, kita pun bisa menemukan beauty brand ternama dari mancanegara, antara lain: Glam Glow, Sampar, Novexpert, APOT.CARE, Oscar Blandi.

Ina Balasong, perempuan berpenampilan menarik, ramah dan hangat ini memang boleh dibilang telah punya segudang pengalaman dalam “menjual” beauty products. Tapi siapa sangka, ternyata ia mengaku bahwa sebenarnya background education-nya justru kuliah di BPLP Bali (sekolah pariwisata –red.)  Saya pun juga mengira selama ini nama belakang Ina, “Balasong” adalah sebuah nama “berbau” Perancis. Ternyata Balasong adalah nama keluarga sang ayah yang asli asal Makassar.

ina-balasong-beauty-box

Bisa di-share pengalamanmu saat memutuskan “banting setir” ke dunia marketing?

“Sebenarnya, sejak usia 18 tahun, saya sudah bercita-cita pengen mandiri, tidak lagi minta uang pada orangtua di umur 20. Maka, saya cari sekolah yang gampang lulus aja. Turning point saya adalah ketika bekerja di sebuah hotel di Bali sebagai concierge. Di suatu malam, saya bertugas mengantar para tamu hotel menuju ke restoran untuk dinner. Hingga saat meng-escort  sepasang tamu pria dan wanita, keduanya ganteng dan cantik, yang ingin dinner di restoran mewah di hotel. Saat berjalan mengantarkan mereka, hati saya menangis diam-diam. Saya nggak mau bekerja seperti ini terus-terusan, harusnya saya yang makan malam seperti mereka. Itulah titik balik saya dan memutuskan banting setir.

Lalu, saya bekerja di sebuah bank di Makassar, kota kelahiran. Kerja selama 7 tahun, saya cuma jadi Teller. Jiwa saya mulai gelisah lagi…’Saya nggak bisa seperti ini terus-terusan. Umur 30, target saya pokoknya jadi Manager!’ Maka, saya pun hijrah ke Jakarta. I want more in my life, I want to be busier. Saat pertama kali datang ke Jakarta, saya pun bertemu Ibu Sita yang sedang berniat untuk buka usaha di bidang kosmetik. Saya pun bekerja dulu pada Ibu Sita. Setelah perusahaan itu ditutup, kami pun mendirikan PT Kreasi Meluas. Nah, dari Ibu Sita lah, saya belajar banyak tentang marketing, tentang bisnis. Saya benar-benar kerja keras, mulai dari nol.”

Kini, PT Kreasi Meluas yang didirikan Ina Balasong bersama Ibu Sita,  telah berpartner dengan JC Blachere, sang suami, telah berkembang  menjadi beberapa bidang usaha. BEAUTY BOX untuk divisi usaha kosmetik yang telah memiliki 10 gerai di Jakarta. Komunal 88 untuk divisi café atau food and beverage. Ina Balasong  memang sosok pekerja keras yang tak akan pernah berhenti untuk mengejar mimpinya. Dia percaya mimpi-mimpi besar dalam hidupnya  itu bisa terwujud bila mau bekerja keras, work hard, work smart. Dulu, ketika pertama kali membangun BEAUTY BOX, Ina setiap hari bekerja hingga pukul 12 malam untuk menguasai product knowledge, menghitung stock dan sebagainya.

What is the meaning of success for her?>>

Slow Down

Please wait a moment to post another comment