banner-detik

skin care

Bagi Kita di Indonesia Perlukah Menggunakan SPF 50?

seo-img-article

Bagi kita, para perempuan di Indonesia yang kebanyakan berkulit cokelat muda hingga sawo matang, perlukah menggunakan SPF 50? Simak di sini penjelasannya.

Kira- kira masih ada nggak ya, pembaca Female Daily yang nggak percaya dengan pentingnya menggunakan sunscreen? Semoga nggak ada, ya. Karena, salah satu kunci untuk tetap terlihat muda adalah dengan menggunakan sunscreen. Dengan menggunakan sunscreen, kita bisa mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Ketika  memilih sunscreen, pilihlah yang memiliki label SPF dan PA++ karena SPF yang akan melindungi kulit dari UVB (Burn) dan PA++ yang akan melindungi dari UVA (Aging). Nah, keuntungannya kita sebagai orang Indonesia yang memiliki kulit cokelat muda hingga sawo matang, adalah bebas dari yang namanya sunburn yang diakibatkan oleh UVB. Karena kulit kita mengandung melanin yang cukup aktif, sehingga mampu melindungi dari paparan sinar UVB. Melanin sendiri adalah sebuah zat yang kita miliki dan berfungsi sebagai penentu warna kulit, rambut hingga mata kita. Jadi efeknya pada kulit kita, bila melanin terkena UVB, ya menjadi lebih gelap.

 

spf-50-pentingkah

Image Source : www.stuff.co.nz

Lalu perlukah menggunakan SPF 50?

Nggak perlu menggunakan SPF 50. Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa kulit kita sudah cukup terlindungi dari UVB. Maka kita hanya butuh perlindungan extra dari UVA. Lagi pula, sunscreen pun, nggak menjamin kulit kita nggak menghitam, ketika terkespose matahari.

Angka di belakang SPF hanya menandakan berapa lama kulit bisa terpapar matahari tanpa terbakar. Pada umumnya kulit kita mampu terpapar sinar matahari hingga 15 menit, dan nggak terbarkar. Maka SPF 15 sudah cukup melindungi kita dari paparan sinar matahari. Makanya ketika memilih tingkatan SPF, perlu disesuaikan dengan kegiatan kita sehari- hari. Apakah kita memang seseorang yang akan terpapar sinar matahari seharian? Atau hanya keluar 15-30 menit saja? Kalau hanya 30 menit, maka cukup gunakan SPF 30/ PA++ saja sudah cukup melindungi.

Lagi pula SPF yang terlalu tinggi malah akan menimbulkan permasalahan kulit. Karena teksturnya yang kental dapat menutup pori- pori kita dan menyebabkan munculnya jerawat kecil- kecil. Sedangkan untuk kulit yang sensitif bisa menyebabkan iritasi.

Sekarang sudah tahu ya, manfaat sunscreen untuk kulit dan SPF berapa yang cocok untuk digunakan sehari- hari. Kalau belum menemukan sunscreen yang tepat, bisa juga lho, baca artikel 5 sunscereen di bawah 100 ribu, atau mencari review detailnya di Beauty Review.

Jadi masih mau nggak menggunakan sunscreen saat keluar rumah? Saya rasa nggak ya :).

Slow Down

Please wait a moment to post another comment