Bermasalah dengan Mata Panda? Stop Lakukan 4 Hal Ini

 Ternyata, penyebab lingkaran hitam di bawah mata tidak cuma sering begadang, lho. Apa saja faktor-faktor lainnya?

Bermasalah dengan Mata Panda? Stop Lakukan 4 Hal Ini featureFoto /youthhealthmag.com

1. Sering mengucek mata

Ini kebiasaan jelek yang kadang-kadang masih suka saya lakukan. Meskipun mengucek-ucek mata itu nikmat sekali rasanya, tapi jika dilakukan terlalu sering ternyata bisa merusak pembuluh kapiler kecil di area mata dan menyebabkan sekitarnya menjadi gelap. Ini terjadi karena tekanan dari jari akan menstimulasi produksi melanin dan mengubah warna pigmen kulit menjadi lebih gelap.

2. Menghapus makeup mata terlalu keras

Sering memakai wateproof mascara dan eyeliner setiap hari? Ganti makeup remover-mu dengan cleansing oil yang bisa melelehkan waterproof makeup tanpa harus diusap berkali-kali. Pijat dan usap lembut area mata secara perlahan untuk meluruhkan tekstur waterproof makeup dan hindari menekan terlalu keras. Pilihlah cleansing oil yang gentle dan tidak perih di mata untuk menghindari iritasi.

Baca jug: Rekomendasi Cleansing Oil di Beauty Review

Bermasalah dengan Mata Panda? Stop Lakukan 4 Hal Ini articleFoto /gopuretuday.com

3. Tidur dengan posisi kepala datar dengan tubuh

Ketika tidur, posisikan kepala selevel lebih tinggi dibandingkan kaki untuk melancarkan cairan tubuh agar tidak menumpuk di kantung mata. Selain itu, jangan lupa kurangi waktu begadang karena meskipun begadang tidak membuat lingkaran mata menjadi hitam, tetapi bisa membuat kantung mata terlihat tebal dan lelah.

Baca juga: 3 Cara Pakai Concealer untuk Menutupi Lingkaran Hitam di Bawah Mata

4. Malas memakai sunscreen dan tidak melindungi area bawah mata

Sepertinya tidak perlu ditekankan lagi ya, kalau penggunaan sunscreen itu penting sekali untuk kesehatan kulit kita. Melindungi kulit dari sinar UV bisa meminimalisir efek negatifnya yang membuat area bawah mata menjadi gelap, karena itu pengaplikasian sunscreen juga harus menjangkau area bawah mata. Namun, hati-hati, jangan sampai terlalu dekat ke dalam mata karena bisa menimbulkan iritasi.

Baca juga: Cara Memakai Sunscreen yang Salah