5 Tips Diet Sehat untuk Pemula

Salah satu resolusi tahun 2016 saya adalah menjalankan pola makan yang lebih sehat atau clean eating. Klise memang, tapi terlaksana lho, dengan mengikuti 5 cara sehat sederhana ini!

Semenjak kecil, saya tidak pernah punya masalah kelebihan berat badan. Saya tidak pernah diet, karena memang merasa tidak perlu. Kalau jarum timbangan bergerak ke kanan pun saya justru merasa senang. Nah, kata Ibu saya, Tuhan itu Maha Adil. Saya bisa makan sepuasnya tanpa takut berat badan naik, tapi di sisi lain saya diberi kulit sensitif yang gampang sekali jerawatan. Fair enough, I guess? :P

regina george memeFoto /buzzfeed.com

Bicara soal makan, saya baru sadar kalau pola makan saya waktu kuliah dulu sangat tidak baik. Saya sering minum minuman kaleng, jajan gorengan, dan makan nugget dengan nasi yang diparuti keju. Buruk sekali, memang, kalau diingat-ingat. Makin kesini, saya jadi sadar bahwa clean eating tidak hanya baik untuk badan, tapi juga untuk kulit dan rambut. Karena itu, saya mau berbagi sejumlah tips diet sehat kecil-kecilan yang nggak hanya bagus bagi tubuh, namun juga baik untuk penampilan kulit dan rambut.

Tenang saja, saya juga masih newbie soal clean eating ini. Karena itu, tips yang saya bagi di sini pun hanya yang sudah saya lakukan.

1. Minum teh dan kopi tanpa gula

Ini adalah tips paling sederhana yang bisa kamu coba mulai hari ini. Konsumsi gula yang berlebihan, selain bisa menambah berat badan secara tidak sehat, juga bisa meningkatkan resiko diabetes dan hipertensi. Dampak buruknya untuk kulit? Breakout dan penuaan dini! Ya, intake gula yang terlalu banyak bisa merusak kolagen dan mengganggu proses regenerasi kulit. Akibatnya, kulit tidak lagi kenyal, tampak kusam, dan mudah berkerut.

Grilled Salmon with Spinach, Tartare Cream and Lemon WedgesFoto /5skinnyhabits.com

2. Makan seluruh sayur di piring

Saya dulu suka malas makan sayuran yang disajikan sebagai side dish. Sekarang, saya membiasakan selalu makan sayur yang ada di piring, entah itu hanya selada, timun atau bayam. Biarpun hanya sedikit-sedikit, asupan sayur tetap dibutuhkan oleh tubuh dan pastinya memiliki banyak manfaat!

Tips mudah untuk jalankan clean eating, klik!>>