banner-detik

bath n body

Pilih Mana: Waxing atau Shaving?

seo-img-article

Teknik:

Shaving: Berarti menggunakan pisau cukur untuk memotong bulu-bulu tubuh. Tidak sakit sama sekali karena mencukur berarti hanya memotong panjang bulu tapi tidak mengangkat akarnya. Hasilnya: kulit tubuh jadi terasa kasar karena masih ada bagian bulu yang  tertinggal di pori-pori kulit.

Waxing atau Epilation adalah metode menghilangkan bulu-bulu di tubuh, bersifat semi-permanen yang mencabut bulu hingga ke akar. Memakai cairan khusus (umumnya terbuat dari cairan gula, air dan air perasan lemon), lalu menempelkan selembar kain belacu di atasnya, kemudian menariknya ke arah berlawanan, maka bulu-bulu tubuhpun bisa tercabut hingga ke akarnya. Saat proses waxing berlangsung, kulit terasa sedikit sakit, cekit-cekit seperti digigit semut, tapi hanya beberapa detik. Hasilnya: kulit tubuh terasa lebih halus.

shaving

 

 

Foto: couponraja.in

Waktu & Biaya: – Shaving tentu saja lebih murah dan lebih cepat waktunya ketimbang waxing. Kamu hanya perlu menyiapkan pisau cukur yang tajam untuk menghilangkan semua bulu-bulu yang tidak diinginkan di tubuhmu. Tapi biasanya dalam 3-4 hari ke depan, bulu-bulu tersebut segera terlihat muncul kembali. Sedangkan waxing, walau memang lebih repot, mesti memakai cairan wax dan juga lembaran kain belacu untuk mencabut bulu-bulu mengganggu di tubuh, namun hasilnya bisa bertahan lebih lama. Bulu-bulu halus baru terlihat tumbuh sekitar 1 – 8 minggu ke depan.

Pilihan yang tersedia: – Metode waxing menawarkan beragam pilihan untukmu, pakai hot wax, cold wax, sugar wax, beeswax dan sebagainya. Sedangkan untuk kamu yang lebih memilih mencukur bulu-bulu mengganggu di tubuh, maka ada 2 jenis alat cukur: sekali pakai (disposable) atau alat cukur electric. Untuk disposable razors ada berbagai pilihan antara lain, diberi tambahan aloe strip, untuk mencegah kulit iritasi saat shaving; razors yang diberi tambahan strip Acai Berry atau Jojoba untuk melembutkan dan melembapkan kulit. Sedangkan alat cukur electric (electric shavers) umumnya ada 2 tipe, foil shaver dan rotary shaver, sesuai dengan mekanisme mesin cukur.

Bagi kamu yang berkulit sensitive disarankan untuk mencukur / shaving daripada waxing karena lebih minim risiko menimbulkan iritasi kulit. Untuk memudahkan saat mencukur, disarankan agar menggunakan shaving gels yang cocok untuk perempuan, misal beraroma avocado, lavender, apricot, strawberry, mango, kiwi.

waxing-shaving

Keterangan foto dari ki-ka: cairan wax untuk mencabut bulu, ladies razor untuk mencukur bulu. 

Pasca Treatment: Kalau berdasarkan pengalaman saya, setelah mencukur, maka ketika tumbuh kembali bulu-bulu tersebut malah jadi lebih tebal lho! Teman-teman saya juga merasakan hal yang sama. Bahkan bulu juga jadi lebih cepat tumbuhnya. Sedangkan ketika saya memilih waxing,  setelah beberapa kali treatment, terlihat ketika bulu tumbuh kembali, munculnya jadi lebih halus dan juga lebih lama. Well, that’s why I love waxing!

Kini, kamu sudah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari waxing maupun shaving.  Ada sebagian orang yang bisa melakukan kedua cara untuk menghilangkan bulu-bulu mengganggu di tubuh ini. Namun, ada juga yang hanya bisa shaving karena kulitnya sensitif sehingga bila melakukan waxing bisa iritasi. Di antara kedua metode ini juga ada teknik laser untuk menghilangkan bulu. Kalau kamu pilih yang mana? Kamu bisa share pengalamanmu di bawah ya…

 

Slow Down

Please wait a moment to post another comment