4 Kebiasaan yang Bisa Mencegah Jerawat

Kalau kemarin saya sudah membahas 4 kebiasaan yang membuat kulit awet muda, kali ini saya mau berbagi 4 kebiasaan yang bisa mencegah jerawat! Yes, I do these four things, mostly daily.

Penyebab jerawat memang bisa berbeda-beda buat setiap, orang. Faktor genetis, hormon, iritasi dari skincare/ makeup yang salah, diet sampai pencernaan (yang bakal saya bahas, coming soon) adalah sejumlah penyebab jerawat. But one thing for sure, jerawat terbentuk saat minyak wajah dan sel kulit mati terperangkap di pori-pori kulit, yang kemudian meradang akibat bakteri p. acnes.

Baca juga: Memilih Makeup untuk Kulit Berjerawat

cara-mencegah-jerawat-1

I believe, masalah jerawat mainly adalah masalah internal. Faktor luar, seperti lingkungan dan kotoran, belum tentu (walau bisa juga) jadi penyebab utama, tapi bisa memperparah jerawat yang ada. Apapun penyebab jerawat kamu, melakukan empat kebiasaan ini bisa mencegah jerawat makin merajalela.

1. Keringkan Wajah dengan Tisu

Tempat yang lembap bisa ditumbuhi hingga 100 juta bakteri. We don’t want that for our face… Jangan pakai handuk badan yang kerap lembap untuk muka. Pakai saja kertas tisu yang bisa langsung dibuang agar lebih higenis. Agar hemat, pakai aja tisu toilet gulung :)

2. Kompres Es Batu

Ada dua cara  bagaimana es batu bisa membantu mencegah jerawat. Yang pertama, kompres wajah dengan es batu setiap habis mencuci muka, terutama bagi kamu yang pori-porinya clogging prone (gejalaya, wajah gampang berkomedo). Es batu bisa membantu meringkas pori sebelum komedo terbentuk. Komedo yang meradang oleh bakteri bisa berubah menjadi jerawat lho.

Nah, cara kedua adalah kalau jerawat baru sudah terlanjur muncul. Kompres jerawat dengan es batu beberapa kali sehari. Diamkan di atas jerawat selama yang kamu tahan. Lakukan sesegera mungkin begitu jerawat muncul ya. Cara ini manjur banget untuk mengurangi kemerahan dan mencegah jerawat semakin besar. Then, put acne medication of your choice.

Baca juga: Produk yang Ampuh Mengatasi Jerawat

3. Sterilkan Barang-Barang di Sekitar

Biasanya sih, bunyi nasihatnya adalah jerawat jangan dipegang-pegang. Memang benar, karena selain rambut, jari adalah bagian tubuh yang paling kotor. Rajin cuci tangan saja nggak cukup; semua benda yang sering kamu pegang juga harus bersih.

Campur air dengan alkohol, lalu rajin-rajin deh kamu pakai untuk membersihkan benda-benda seperti keyboard laptop, layar handphone, sampai handle pintu.

4. Rajin Mengganti Sarung Bantal

Literally, kulit wajah kita beregenerasi di malam hari dengan cara melepas kulit mati. Kita nggak bisa lihat dengan kasat mata, kalau sarung bantal sama seprai kita itu sebenarnya penuuhh dengan skin flakes! Bayangin deh kulit-kulit mati ini bercampur dengan minyak dari wajah, belum lagi gesekan rambut yang kotor. Ew. I know.

Itulah kenapa kita harus rajin mengganti sarung bantal, kalau nggak mau “kubangan kotoran” ini menyumbat wajah kita. Buat yang nggak mau repot ganti sarung bantal setiap hari, follow my trick: ambil kaus bersih dan jadikan alas kepala di atas bantal. Malam berikutnya, balik bagian dalam kaus keluar.  Jadi deh, “sarung bantal” untuk dua hari :)