Kenali Face Primer dan Manfaat Bikin Kulit Wajah Tampak Halus

Masih newbie atau pemula dalam hal makeup? Belum pernah memakai face primer? Nah, simak di sini yuk manfaat produk ini. 

Ketika saya bertanya pada teman-teman di FDHQ tentang kebiasaan pemakaian face primer, umumnya kami hanya memakai produk ini bila sedang ingin tampil dengan full makeup atau memakai foundation.

Dan ternyata masih banyak di antara kita yang melewatkan step pemakaian face primer sebelum ber-makeup. Karena menganggap pemakaian face primer tidak terlalu penting atau juga ada yang menganggap pemakaian face primer ini bisa memicu munculnya jerawat.

Mengapa bisa timbul anggapan seperti ini? Pada umumnya, produk face primer ini mengandung silicone atau dimethicone karena bisa memperhalus tampilan kulit wajah. Dan pada sebagian orang, silicone ini bisa memicu munculnya jerawat.

face-primer

 

Jika kamu melihat di Beauty review, maka kamu bisa menemukan ada banyak sekali jenis face primer. Kini, sudah ada face primer yang bisa mengatasi kulit kemerahan karena rosacea atau jerawat. Make Up For Ever salah satunya memiliki produk face primer yang bisa mengatasi kulit kemerahan karena rosacea ataupun jerawat. Brand ini memiliki 11 varian face primer, bahkan ada yang juga berfungsi memberi hidrasi serta menutrisi kulit wajah, jadi tidak hanya memberi fungsi estetika. Ingin tahu lebih jauh tentang produk face primer lain? Kamu juga bisa membacanya di sini.

Bagi kamu yang mengalami problema jerawat, sebaiknya memang jangan memakai face primer setiap hari. Lebih baik, konsultasikan lebih dulu masalah kulitmu yang alergi pada silicone atau dimethicone ke dokter kulit.

Bagaimana sebenarnya cara pakai face primer? Produk face primer ini dipakai setelah kita mengaplikasikan moisturizer atau pelembap ke kulit wajah. Setelah itu, sebaiknya pakailah face primer, sebelum memakai foundation. Apa saja sih manfaat yang bisa didapat dengan memakai face primer sebelum kamu ber-makeup?

  1. Face primer membantu kita mendapatkan “kanvas” kulit yang halus. Kadang, kondisi kulit kita sedang “bermasalah”, permukaan kulit tidak rata, ada jerawat, bekas jerawat, noda kemerahan, wrinkles, pori-pori besar. Nah, face primer bisa membantumu memiliki kulit wajah yang lebih halus, sehingga kamu lebih mudah mengaplikasikan foundation atau bedak.
  2. Face primer bisa membantumu mengurangi kulit wajah kemerahan, menyamarkan warna kulit tidak rata (uneven skin tone) serta menutupi tampilan pori-pori besar di wajah.
  3. Face primer sebenarnya juga berfungsi melindungi pori-pori kulit dari paparan produk-produk makeup yang “keras” dan bisa merusak kondisi kulitmu.
  4. Face primer bisa mengunci makeup yang kamu pakai hingga bisa bertahan lebih lama.
  5. Face primer bisa membantu mengurangi minyak berlebih di wajah. Sehingga wajahmu juga jadi tidak cepat berminyak.

 

Ada tips menarik yang saya dapat seputar pemakaian face primer ini. Jadi, aplikasikan face primer ke kulit wajah dengan menggunakan jari-jemari tangan. Sambil mengaplikasikan face primer, beri sedikit pijatan ringan (dengan cara mengetuk-ketukkan ujung jari ke wajah) agar peredaran darah di wajah mengalir lebih lancar. Hal ini untuk membantu agar kulit tetap bisa “bernapas” walau kamu memakai face primer dan foundation sesudahnya.

Tips lain, primer juga bisa membantumu mendapatkan tampilan fresh no-makeup look. Nah, jika kamu ingin mendapatkan tampilan wajah segar seolah tanpa makeup, tapi tentunya terlihat lebih cantik ketimbang daripada “muka baru bangun dari tidur”, kuncinya pakai primer. Aplikasikan primer lalu langsung pakai bedak tabur atau compact untuk meng-cover kulit wajahmu (tanpa perlu menambahkan foundation) . Selamat mencoba!