3 Kesalahan Penampilan Saat Wawancara Kerja

Kesalahan sekecil apapun, termasuk salah memakai makeup atau berpakaian dapat mengubah wawancara kerja jadi mimpi buruk. Simak tips mengenai penampilan yang harus dihindari pelamar agar bisa diterima di perusahaan impian!

Meskipun aturan dan kultur tiap perusahaan berbeda-beda, tetap ada rambu-rambu yang harus diperhatikan ketika memilih makeup dan pakaian saat mau melamar kerja. Jangan sampai kita malah menarik perhatian, but not in a good way!

Style: "styleon.com"Gambar dari sini

1. Memakai makeup terlalu tebal

Foundation yang terlalu tebal akan membuat wajahmu terlihat medok dan “berat”. Daripada foundation, gunakan BB cream atau tinted moisturizer yang bisa membantu meratakan warna kulit tanpa terlihat seperti mau ke pesta kawinan.

Tinggalkan lipstick bold kamu di rumah dan pilih warna-warna yang aman seperti nude atau pinkish brown. Tentunya kamu tidak mau calon bosmu teralihkan perhatiannya ke lipstick berwarna ungu atau orange menyala.

Baca juga: 3 Produk di Bawah Rp 100 Ribu untuk Makeup Natural Sehari-hari

2. Terlalu kasual

Para profesional muda sekarang memiliki keleluasaan untuk bebas dari pakaian kerja yang kaku. Namun santai bukan berarti kamu bisa melenggang masuk ruangan dengan t-shirt dan ripped jeans, bahkan jika kamu melamar kerja ke perusahaan startup atau agency, yang terkenal tidak memiliki dress code yang kaku.

Saat wawancara, untuk amannya, lebih baik kamu tetap condong ke tampilan semi-formal. Tambahkan aksesoris supaya penampilanmu lebih berwarna dan tidak kaku.

3. Melupakan aspek lainnya

Jangan karena terlalu terpaku pada pakaian yang harus dikenakan, kamu jadi lupa mengurus detail-detail kecil lainnya, seperti rambut yang berantakan atau bahkan aroma tubuh. Hal-hal kecil ini akan ditangkap oleh pewawancara yang tentunya akan memberi kesan negatif.

Pertama, pastikan rambutmu tertata rapi dan tidak acak-acakan. Pastikan juga kamu sudah keramas sebelumnya, jadi rambutmu tidak terlihat berminyak dan terlihat lepek saat wawancara. Lalu, jangan lupa pakai deodoran dan parfum agar tidak ada bau “semerbak” yang mengganggu sesi wawancara pentingmu.

Baca juga: No-Makeup Makeup bersama MUA Arsya Nafisa

Penampilan sudah oke, sekarang tinggal baca-baca ulang materi yang diperlukan untuk interview. Oh ya, sebagai poin tambahan, boleh juga memakan permen mint supaya nafasmu lebih segar. Remember, first impression is everything! Good luck! :)