#FDInsight: 7 Fakta Pemakaian Sunscreen Perempuan Indonesia

Survei yang dibuat setiap bulan oleh Female Daily selalu disambut antusias oleh komunitas. Seperti survei mengenai sun protection yang berakhir Oktober lalu, ramai diisi oleh para pembaca dan member FD. Seperti apa hasil surveinya? Yuk kita simak bersama!

Sun Protection Infographic 700

26% Pembaca Tidak Menggunakan Sun Protection Setiap Harinya

Cheers to 74% of members and readers who have well-protected their skin from the sun! Perlu diingat, penggunaan sun protection ini wajib hukumnya, ladies! Produk sun protection dapat melindungi kulit dari sinar UV yang dapat mengakibatkan sunburn, munculnya dark spots, dan yang paling ekstrim kanker kulit. Pemilihan produk sun protection tentunya dapat disesuaikan dengan tipe dan jenis kulit. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, pilih produk sun protection yang berbahan dasar air agar kadar minyak pada kulit lebih terkontrol.

25% Pembaca Belum Memahami Perbedaan Sunscreen dan Sunblock

Sunblock secara aktif dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, dua tipe radiasi UV yang dapat mengakibatkan sunburn dan kanker kulit. Biasanya sunblock meninggalkan lapisan putih atau biasa disebut white cast setelah dioleskan di kulit. Sedangkan sunscreen cenderung lebih mudah menyatu pada kulit. Kekurangan produk sunscreen adalah biasanya kandungan pelindung sinar UVA dan UVB-nya akan menguap setelah beberapa jam terkena paparan langsung sinar matahari. Maka dari itu, pemakaian sunscreen perlu dilakukan beberapa kali setiap harinya.

52% Pembaca Menggunakan Sun Protection pada Area Wajah dan Tubuh

Berdasarkan hasil survei, 48% pembaca hanya menggunakan produk sun protection pada area wajah saja. Tentunya area tubuh juga sama pentingnya untuk dilindungi dari sinar UV. Maka dari itu, gunakanlah sunscreen atau sunblock pada area tubuh juga khususnya pada area yang paling rentan terkena paparan sinar matahari langsung. Misalnya lengan, decolletage, dan bagian kaki.

62% Pembaca Merasa Sun Protection yang Digunakan Lengket dan Tidak Nyaman

Secara umum, sun protection terkenal dengan teksturnya yang lengket dan membuat kulit terlihat berminyak. Padahal, saat ini sudah banyak varian sun protection yang berbahan dasar air sehingga tidak membuat kulit berminyak seperti produk sunscreen dari Skin Aqua atau produk sunscreen dari Wardah yang berbahan dasar gel.

Hanya 21% Pembaca Mengoleskan Produk Sun Protection Beberapa Kali Setiap Harinya

Setiap produk sun protection memiliki kadar pelindung sinar UV dengan jangka waktu ketahanan yang berbeda-beda. Kulit setiap orang memiliki ketahanan terhadap sinar matahari yang berbeda pula. Contohnya, pemakaian sunblock SPF 15 akan menghindari terbakarnya kulit 15 kali lebih lama dari ketahanan natural kulitmu jika tidak menggunakan sunblock sama sekali.

So, saat jangka waktu ketahanan produk sudah habis, produk sun protection perlu digunakan kembali untuk melanjutkan perlindungan kulit kamu. Saat ini sudah tersedia produk sun protection berbentuk spray yang praktis untuk digunakan berkali kali, bahkan dapat digunakan di atas makeup.

33% Pembaca Masih Tidak Paham Arti Angka SPF 

Angka yang besar pada kemasan sun protection belum tentu menunjukkan ketahanan yang tinggi terhadap sinar matahari. Definisi yang tepat untuk angka tersebut adalah seberapa lama produk dapat melindungi kulit dari sinar matahari. Misalnya, SPF 20 kurang lebih dapat digunakan selama 60 menit sebelum harus dioleskan kembali. Sedangkan SPF 30 kurang lebih dapat digunakan selama 80 menit. Nah, berarti SPF 50 dapat melindungi kulitmu dalam jangka waktu yang lebih panjang lagi.

61% Pembaca Hanya Menggunakan Produk Sun Protection Saat Berada di Luar Ruangan Saja

Walaupun kita beraktivitas di dalam ruangan, kita sering tidak menyadari bahwa sinar UV dapat menembus lewat jendela kaca kantor atau rumah. Maka dari itu, perlindungan kulit dengan sun protection harus tetap dilakukan. There’s no excuse to skip this skincare step while you are indoor or outdoor.

Ternyata banyak insight yang bisa diambil dari survei ini, ya? Terima kasih untuk para pembaca dan member yang sudah berpartisipasi dalam survei ini. Jangan lupa untuk terus ikut menyumbang suara kamu dalam survei komunitas Female Daily selanjutnya!