Intip Heritage Culture: Label Batik Tina Andrean

Kalau mendengar nama Tina Andrean, pasti langung teringat akan koleksi gaun pengantin ya. Kali ini ada karya lain yang baru saja ditawarkannya. 

Saat ini desainer Tina Andrean punya label baru bernama Heritage Culture, yang khusus menghadirkan koleksi batik ready-to-wear.

 

tina-andrean-heritage-culture-1Tina Andrean dengan para model yang mengenakan koleksi Evening Dress Heritage Culture saat pre-launch (12/11) (Foto: Gandaria City)

Total ada 24 koleksi ditampilkan oleh Tina Andrean saat pre-launch Heritage Culture, pada Kamis lalu di Gandaria City, Jakarta Selatan. Menggunakan berbagai motif batik dari Pekalongan, Solo hingga batik Betawi, preview collection ini terbagi dalam empat kategori: Cocktail Dress yang berisi mini pencil dress batik dengan permainan detail di kerah dan pinggang; Semi Formal Dress yang menampilkan mini dress berpotongan A-line dengan luaran cape; Formal Dress yang menampilkan coat-coat batik dengan inner dress simpel bergaya mod, serta Evening Dress yang berisi gaun-gaun malam panjang dengan potongan dan detail yang lebih modern seperti dropped waist, eyelet hingga kain tulle.

 

koleksi-tina-andrean-heritage-culture

Salah satu look dari kategori Formal Dress

 

Cerita di balik lahirnya Heritage Culture by Tina Andrean ini cukup menarik. Berawal dari rasa frustasi ibu Tina Andrean sendiri setiap kali harus menghadiri acara dengan dress code batik, beliau jarang bisa menemukan busana batik ready-to-wear yang cocok. Ujung-ujungnya, bu Tina akan memakai dress pendek dengan syal batik. Pasti ada di antara kamu yang juga punya pengalaman serupa, kan?

Untuk itulah bu Tina menghadirkan Heritage Culture by Tina Andrean, agar para perempuan bisa menemukan busana batik ready dengan mudah. Saat saya tanya apakah Heritage Culture hanya akan hadir sebagai koleksi spesial atau merupakan lini permanen, bu Tina menjawab “Inilah bentuk komitmen saya untuk melestarikan batik. Recananya, akan ada koleksi baru Heritage Culture setiap tahun, layaknya koleksi bridal saya.”

Koleksi pertama Heritage Culture by Tina Andrean nantinya akan berisi 50-70 look. Itulah sebabnya kenapa acara minggu lalu merupakan pre-launch. Saya pastinya akan meng-update kembali koleksi lengkap Heritage Culture by Tina Andrean bagi para FD-ers. Nantinya, label ini bisa didapatkan di showroom Tina Andrean di Gandaria City lantai UG dan Ruko Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Last but not least, ini dia tiga look Heritage Culture favorit saya dari pre-launch kemarin, especially the babydoll in the middle:

 

culture-heritage-tina-andrean