8 Fakta Unik Tentang Kopi

FD-ers, tahu nggak kalau Minggu (8/11) lalu adalah Hari Cappuccino Sedunia?

Yup, that day does exist! Saya merayakan agenda unik ini dalam media trip ke Bandung bersama Torabika, di mana saya mempelajari banyak fakta menarik soal kopi dalam negeri. Agar pas dengan jatuhnya Hari Cappuccino Sedunia tanggal 8 November, berikut delapan fakta tentang kopi yang menarik untuk diketahui. Go grab your cup of cappuccino and read on!

hari-cappucino-sedunia-torabika-1

1. Brand kopi lokal ternama, Torabika, merayakan Hari Cappuccino Sedunia 2015 dengan membagikan 1 juta (yes, you hear me right) Cappuccino gratis di 12 kota besar di Indonesia. Puncaknya diadakan di kotanya anak muda, Bandung, dengan membagikan 7000 Cappuccino gratis. Yumm!

2. Indonesia adalah negara penghasil kopi terbesar ketiga di dunia setelah Brasil dan Vietnam. Kopi dari berbagai daerah di Indonesia sudah sangat mendunia; jadi jangan heran kalau kamu jalan-jalan ke Amerika dan menemukan Kopi Sumatra sebagai Coffee of The Day di coffee shop!

3. Mau tahu lebih banyak soal kopi dalam negeri hanya dari satu blog? Di www.cikopi.com, kamu bisa menemukan ¬†600 artikel mengenai everything coffee. Mulai dari ulasan coffee grinder, review coffee shop, wawancara dengan ahli kopi dalam negeri sampai berbagai perkebunan kopi yang ada di Indonesia. Sosok di balik blog ini adalah Toni Wahid (pojok kiri di foto), coffee enthusiast yang berasal dari Bandung. If you’re wondering, arti dari cikopi sendiri adalah air kopi dalam bahasa Sunda.

4. Produk kopi yang dihasilkan oleh Torabika nggak hanya eksis di Indonesia saja. In fact, 50% kopi Torabika diekspor untuk pasar luar negeri. Awesome!

5. Aktor Marcel Chandrawinata juga penggemar cappuccino,lho! Marcel rutin menikmati dua cangkir cappuccino setiap hari, bersama mama atau sang kakak, Nadine Chandrawinata. Coffee in Marcel’s words are: “Good, choco granule, and a mood booster!”

torabika-cappuccino-hari-kopi-sedunia-marcel-chandrawinata

Me & Marcel after a cup of cappuccino. It’s definitely a mood booster!

6. Apa sih spesialnya cappuccino bagi Marcel Chandrawinata, dibandingkan minuman lain? He shared to me: “Kalau air putih saja kan memang kita harus minum setiap hari. Teh manis? Cuma dapat ¬†manisnya. Kalau cappuccino, nggak cuma sekadar rasa, tapi juga membangkitkan mood yang bagus di pagi hari.”

7. Suka rasa kopi, namun efeknya kurang bersahabat dengan perut? Brand Manager Torabika, Cynthia Hosiana (kedua dari kiri pada foto) menganjurkan untuk memilih kopi berjenis latte yang komposisinya lebih dominan dengan susu. Kamu bisa coba Torabika Creamy Latte yang praktis, dan hadir dengan gula terpisah. Penting banget nih buat kita-kita yang concern dengan diet rendah lemak & gula.

8. Yang satu ini adalah beauty hack saya pribadi. Kalau kamu pernah mencoba resep scrub natural gula + madu namun masih terasa kasar menggores kulit, coba bubuk kopi sebagai gantinya. Gosokkan bubuk kopi pada wajah yang basah, lalu bilas. Your skin will be left smooth without scratchy feeling!