Kisah #ChangeDestiny Krystal Choo Bangkit Melawan Depresi

Tidak ada yang menyangka bahwa Krystal Choo, CEO aplikasi Wander yang populer di kalangan solo travelers, dulu pernah berpikir untuk mengakhiri hidupnya.

Sebelum didiagnosis mengalami depresi oleh dokter pada usia yang sangat muda, Krystal sudah menjalani hari-harinya dengan kosong, hampa, dan tanpa semangat. Depresi yang ia derita bisa datang dari faktor genetik, psikologis, atau sosio-lingkungan. Sebelum memutuskan untuk #ChangeDestiny, Krystal terjebak di dalam pikirannya sendiri dan menutup dirinya pada lingkungan sekitar.

“Saya sempat berada di fase dimana saya tidak ingin melanjutkan hidup ini lagi. Semua orang selalu bilang bahwa akan ada cahaya di ujung terowongan, tapi yang saya rasakan hanyalah terjebak di dalam terowongan, tanpa ada cahaya di ujungnya.” terang Krystal.

krystal choo sk-ii #ChangeDestiny 1Setelah sekian lama berjuang melawan depresinya, Krystal berusaha untuk melawan itu semua dengan mengikuti terapi yang perlahan-lahan membantu dirinya jadi lebih baik. Ia selalu mengingatkan dirinya sendiri untuk terus kuat karena jika keinginan untuk sembuh tidak datang dari dirinya sendiri, dari siapa lagi keinginan itu akan datang?

Depresi bukanlah masalah sederhana, karena jika tidak ditangani dengan baik, depresi bisa merenggut nyawa penderitanya. Ada beberapa hal yang bisa dicoba untuk mengatasi depresi, salah satunya adalah dengan reach out ke keluarga dan teman-teman terdekat. Penderita depresi cenderung lebih suka menyendiri dan menjauh dari dunia luar, namun hal ini malah akan memperparah kondisi psikologisnya.

Selain itu, menulis juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Tidak perlu menulis novel atau buku harian, sesederhana menulis ulang quote dari buku atau film yang kamu suka. Kemudian, gunakan quotes tersebut sebagai mantra positifmu untuk memandang dunia. Cari buku catatan atau notes dengan desain yang sesuai seleramu, kemudian gunakan kalimat-kalimat yang kamu tulis dalam catatan tersebut untuk menyemangatimu setiap hari.

krystal choo sk-ii #ChangeDestiny 2Last one, find a good distraction. Fokus pada hobi dan hal-hal yang bisa membuat kamu merasa lebih baik. Coba tantangan baru atau pergi ke suatu tempat yang belum kamu pernah kunjungi sebelumnya. Jangan fokus pada hal-hal yang membuat dirimu semakin jatuh dan pindahkan fokus tersebut ke hal lain yang bisa jauh lebih bermanfaat.

Langkah terakhir itulah yang dilakukan Krystal. Sekarang, Krystal sudah jauh lebih bahagia dan sibuk mengelola bisnis startup yang dirintisnya sejak tahun 2014. Dari situ, energinya lebih terpakai untuk hal-hal yang positif dan pelan-pelan ia bisa mengatasi depresinya. “Depresi selalu menjadi bagian dari hidup saya, tapi saya memutuskan untuk mengubah takdir dengan mengendalikannya dan mengambil energi positif dari situ.”

Kisah inspiratif Krystal bisa kamu tonton di video #ChangeDestiny di bawah ini. Spread her positive message because you never know what one little action can do!