Apakah Clear Lotion dan Acid Toner Sama?

Kenali di sini fungsi atau manfaat dari clear lotion dan acid toner dalam perawatan kulit wajahmu. 

Karena sekarang double toning sedang happening banget, saya sering sekali mendapatkan pertanyaan mengenai produk A apakah termasuk acid toner atau bukan. Sebenarnya hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih acid toner pernah saya tuliskan di sini, akan tetapi ada satu produk yang banyak membuat orang bingung, yaitu produk dengan embel-embel clear lotion pada rangkaian produk perawatan wajah dari Korea dan Jepang.

Jadi apa sih sebenarnya clear lotion ini? Adalah produk yang membantu membersihkan kulit kita sebelum mengaplikasikan produk kecantikan lainnya. Walaupun namanya lotion kalau ada embel-embel “clear” di depannya biasanya digunakan dengan kapas dengan menarik-narik pendek kapas ke satu arah. Selain itu, clear lotion juga membantu mempersiapkan kulit untuk menerima produk selanjutnya yang akan digunakan agar penyerapan lebih baik. Salah satu highlight dari produk clear lotion adalah membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah. Oleh karena itu juga kebanyakan clear lotion banyak didapati pada lini perawatan pencerah wajah.

Nah kalau misalnya produk ini bertugas mengangkat sel kulit mati mirip dong dengan acid tonerIn a way I would consider clear lotion as a very very mild version of exfoliating toner, without the acid. Produk clear toner membantu mengangkat sel mati kulit yang sudah tidak menempel, jadi memang sudah dengan mudahnya terangkat. Hal tersebut bisa juga dilakukan dengan menggunakan physical exfoliator. Jika dilihat dari kandungan kebanyakan clear lotion tidak punya kandungan apapun yang membantu pelepasan sel kulit mati, kalaupun ada dosisnya tidak cukup banyak dan pH-nya pun tidak pas.

Apakah ini berarti produk clear lotion tidak ada gunanya? Tentu saja tidak. Saya lebih memilih memakai clear lotion di saat saya tidak memerlukan heavy exfoliation, dan juga bisa digunakan di pagi hari agar tidak over exfoliateAs for younger skin, you might want to try this instead of the heavy acid toners because it will definitely make a difference in your skin although it is mild. Tentunya, saya tetap double toning pada saat memakai clear lotion.

Contoh-contoh clear lotion yang ada di pasaran adalah SK-II Clear Lotion, SK-II Whitening Source Clear Lotion, Menard Fairlucent Clear Lotion dan Su:m37 White Award Clear Lotion.