Sudah Pernah Mendengar Chizu Saeki Method?

Beberapa tahun lalu di forum Female Daily banyak berseliweran istilah “CSM”. Saya sampai bingung, benda apalagi CSM ini? Maklumlah, sudah jadi kebiasaan di forum menyingkat-nyingkat nama produk atau istilah agar tulisan menjadi tidak terlalu panjang. Terkadang saking banyaknya singkatan saya jadi bingung dengan perbincangan tersebut dan arti sebenarnya.

 

Ternyata CSM itu adalah singkatan dari Chizu Saeki Method. Kalau tidak salah hitung, Chizu Saeki tahun ini berusia 75 tahun. Ia adalah skincare guru kenamaan berasal dari Jepang yang telah meluncurkan buku berjudul “The Japanese Skincare Revolution”. Pada bukunya ini Chizu berbicara banyak mengenai cara merawat kulit, teknik penggunaan produk dan juga berbagai jenis produk yang harus digunakan. Focussing more on the how rather on the what. Sedangkan merek dan tipe produk sendiri tidak dibicarakan pada bukunya.

 

chizu-saeki

 

Ada satu teknik yang menarik yang dibahas di bukunya yaitu pemakaian hydrating toner sebagai lotion mask ketimbang hanya diaplikasikan saja ke wajah atau bahkan disemprotkan. Pemakaian hydrating toner sebagai masker ini kemudian lebih dikenal dengan Chizu Saeki Method atau yang banyak disingkat di forum menjadi CSM. Bagaimana sih melakukan CSM itu? Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di video di bawah ini.

 

Untuk bahasan lebih lanjut mengenai keunggulan dan juga do’s and don’ts ber-CSM ria, akan saya bahas lebih lanjut di artikel selanjutnya. Jika ingin tahu lebih lanjut mengenai CSM ini bisa juga dilihat di forum di thread ini.