JFW 2016: A Fun Reminder from OBIN

Jakarta Fashion Week 2016

 

Kalau ada satu show yang tidak akan saya lewatkan setiap kali Jakarta Fashion Week hadir, adalah (fashion) show Obin. Bahkan setelah lima tahun berturut-turut, ini adalah satu tontonan yang selalu saya nantikan.

If you asked me, apa yang sebenarnya menarik dari Obin? Bagi mereka yang mengikuti bagaimana karya Obin dari tahun ke tahun, sebenarnya tidak ada yang berubah, koleksi Obin adalah kreasi kain-kain Indonesia yang diolah menjadi busana, atau dipakai sebagai bawahan kain yang dililit. Tidak ada desain yang benar-benar baru, atau inovasi teknik, gaya, ataupun tren. Tidak ada. Bahkan kalau Obin ditanya, jawaban sejujurnya adalah, tidak ada tema koleksi.

Obin adalah tukang kain, ia membuat karya busana, sesederhana sebuah misi; membuat kain indonesia dipakai oleh orang indonesia, wanita indonesia. Dipakai sebagai pakaian sehari-hari, pilihan busana sebagaimana kita memakai kemeja, atau celana jeans.

baca juga: Memakai kain, karena kita adalah Indonesia

obin 1

Nenek moyang kita sudah menciptakan dan memberikan sebuah identitas sebagai orang Indonesia, melalui pakaian. Bukan sekedar identitas, warisan ini adalah warisan indah luar biasa, kreasi buah akal budi yang menjadikan kita bangsa yang punya identitas. Dan warisan ini tinggal diolah, diteruskan dan digunakan. It’s that simple.

Yang menjadikannya istimewa, adalah Obin benar-benar membuktikan bahwa sepotong kain bisa menjadi pakaian yang bisa memenuhi semua ekspektasi kita, sebagai pakaian modern yang praktis, indah, dinamis dan keren. Secara penampilan, karya Obin secara umum diakui lebih unggul daripada yang lain. Ia bisa membuat desain yang look-nya selalu muda, dengan kualitas terbaik dan sangat wearable. Ia bisa memadukan warna-warna yang selalu menarik, sebagian colorful, ceria, sebagian lagi dengan perpaduan warna-warna unik yang biasanya ‘bukan’ warna kain.

 

And the most fun part, sebagaimana pengunaan kain yang tidak mengenal batas, Ia pun tidak ingin dibatasi dengan ‘aturan’ sebuah fashion show. Dalam shownya, panggung runway adalah tempat untuk mengekspresikan karya, sebebasnya. Model yang bergerak bebas, lepas, menari dan bercanda mengikuti irama musik. Kita semua terhibur dengan suguhan yang hanya terjadi dalam satu show, di antara puluhan show lainnya. And she will do this over and over, because she can, and we’ll always love to watch it again.

Afterall, karya dan suguhan Obin selalu menumbuhkan sebuah inspirasi besar, sebuah reminder yang sangat indah, untuk selalu mencintai dan memakai warisan budaya, kain Indonesia.

obin2

obin3

obin4