Parade Desainer Membuka JFW 2016

Tahun kedelapan, Jakarta Fashion Week makin memperlihatkan kemajuan dalam dunia fashion Indonesia. Tujuh hari perayaan fashion ini pun dimulai pada Sabtu, 24 Oktober 2015, semalam.

Untuk menggambarkan segala sesuatu yang terjadi pada JFW 2016 hari pertama, saya ingin mengutip kalimat dari Ibu Svida Alisjahbana, Ketua Umum JFW 2016 pada acara pembukaan yang digelar semalam. “Jakarta Fashion Week bukan sekadar tentang acara fashion show. Jakarta Fashion Week merupakan serangkaian program pengembangan dan usaha untuk membangun industri fashion lokal”.

Memang yang diangkat media dan yang dilihat oleh seluruh masyarakat bisa jadi hanya koleksi terbaru para desainer yang ditampilkan di panggung. Tetapi di balik itu semua terdapat industri yang melibatkan ribuan orang dan dedikasi luar biasa para pelaku industri ini yang tidak berada dalam lampu sorot.

 

Anyway, banyak hal baru dalam JFW 2016 ini, di antaranya waktu penyelenggaraan yang lebih lama dari tahun sebelumnya (7 hari), tentu saja jumlah show yang lebih banyak, dan kolaborasi dengan institusi dan lembaga internasional yang jauh lebih banyak. Geliat fashion Indonesia memang sudah semakin diperhitungkan dan dilihat oleh banyak negara lain, menunjukkan kualitas yang juga semakin baik.

Secara rinci, berikut yang akan ditampilkan dalam Jakarta Fashion Week 2016:

  • 19 desainer internasional dari UK, UAE, Korea, Japan, Thailand dan Australia
  • 30+ desainer & label Indonesia Fashion Forward
  • 40+ desainer muslim dan modest-wear
  • 60+ label dari sekolah mode
  • 70+ fashion show
  • 230+ desainer dan label
  • 250+ model
  • 3000+ look—mulai dari koleksi ready-to-wear, modest-wear, aksesoris, dsb.

 

Membuka rangkaian JFW 2016, adalah opening show yang lain dari biasanya. Kali ini, bukan model yang berjalan memperagakan koleksi, tetapi semua desainer yang berpartisipasi, yang berjalan di atas catwalk bersama seorang muse. Ada lebih dari 200 desainer yang terlibat dalam JFW 2016, sebagian besar tampil pada parade kali ini. Rupanya kali ini JFW ingin memperkenalkan semua desainer dan memberi panggung utama ini bagi mereka, sebelum karya mereka ditampilkan.

 

Jakarta Fashion Week 2016 Jakarta Fashion Week 2016

Patrick Owen ; Ria Miranda

 

Jakarta Fashion Week 2016 Jakarta Fashion Week 2016

Zaskia Sungkar ; Dian Pelangi

 

Jakarta Fashion Week 2016 Jakarta Fashion Week 2016

Eri Dani ; Rama Dauhan

 

Jakarta Fashion Week 2016 Jakarta Fashion Week 2016

Ardistia Dwiasri ; Ivan Gunawan

 

Jakarta Fashion Week 2016 Jakarta Fashion Week 2016

Titis Saputra ; Peggy Hartanto

 

Stay tune untuk liputan show JFW 2016 selanjutnya ya! ;)