banner-detik

beauty school

Memilih Makeup untuk Kulit Berjerawat

seo-img-article

Punya masalah sama jerawat? Tos dulu dong, saya juga punya problem jerawat setahun belakangan ini. Kalau DesZell sempat memberi tips dalam memilih skincare untuk kulit berjerawat, kali ini saya mau share tips memilih makeup untuk kulit berjerawat.

Topik yang saya bahas di sini adalah base makeup yang paling sering digunakan sehari-hari oleh (sebagian besar) perempuan, termasuk saya. Jadi bukan makeup dekoratif macam blush dan highlighter, ya! Namun justru karena saking basic-nya, pemilihan produk-produk berikut jadi krusial sekali, terutama bagi pemilik kulit berjerawat.

 

FotorCreated

 

 

Berikut tips memilih makeup untuk kulit berjerawat yang perlu kamu ketahui:

Sunscreen

Sunscreen yang bagus untuk kulit jerawat adalah physical sunscreen, yang memantulkan sinar UV dari kulit ketimbang menyerapnya. Ciri-ciri physical suncreen adalah kandungan titanium dioxide atau zinc oxide. Semakin awal dua bahan ini disebut di ingredients list suatu sunscreen, semakin bagus.

Dari pengalaman saya memakai physical sunscreen, rasanya enak karena nggak berminyak seperti chemical sunscreen. Dan pastinya nggak memicu jerawat baru.

Bedak

Bagi yang pernah ke dokter kulit, pasti disarankan untuk memakai bedak tabur ketimbang bedak padat. Saya juga punya pengalaman serupa, tapi jauh sebelum saya ke dokter kulit, saya sudah lama jadi pemakai bedak tabur. Kenapa? Karena dari informasi yang saya baca dulu, bedak tabur lebih sedikit kandungan minyaknya sehingga nggak gampang menyumbat pori. Bedak tabur juga nggak akan semenor bedak padat saat dipakai agak tebal.

Bedak tabur favorit saya, yang sudah saya repurchase puluhan kali, adalah Sariayu Energizing Aromatic Loose Powder. Selain coverage-nya lumayan bagus untuk ukuran bedak tabur, bedak ini mengandung zinc oxide dan titanium dioxide sekaligus! Perlindungan sunscreen jadi lebih maksimal deh.

Foundation

makeup-untuk-kulit-berjerawat-3

Saya bukan pemakai foundation, at least nggak untuk sehari-hari. Namun untuk acara-acara tertentu, kadang saya butuh foundation untuk coverage lebih. Foundation yang paling bagus untuk kulit berjerawat adalah foundation berbahan dasar air yang nggak gampang menyumbat pori.  Bagi yang kulitnya berminyak, water-based foundation nggak akan membuat muka tambah minyakan. Sedangkan bagi yang kulitnya acne prone namun kering, jelas kandungan air ini akan membantu menghidrasi kulit.

Kekurangan foundation berbahan dasar air cuma satu: coverage ringan dan nggak bisa di-build up menjadi full coverage. Beberapa water-based foundation yang bisa kamu coba adalah Maybelline Dream Satin Liquid dan Make Up For Ever Face & Body.

Yuk share makeup untuk kulit berjerawat favorit kamu!

Slow Down

Please wait a moment to post another comment